Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Digital Ini Tawarkan Biaya Umrah Mulai Rp 14 Juta, Tertarik?

Kompas.com - 28/11/2019, 19:27 WIB
Rina Ayu Larasati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan berkembangnya teknologi, berbagai hal bisa diefisienkan. Salah satunya biaya umrah. Inilah yang ditawarkan oleh satu platform digital bernama Umra.id.

Platform ini menawarkan biaya umrah mulai dari Rp 14 juta. Berbagai hal diefisienkan sehingga bisa menekan biaya umrah jadi lebih murah.

"Berapa hari orang berangkat umrah selama ini? orang dari daerah biasanya 12 hari. Sekarang dia bisa atur tiga hari. Ini yang didisrupsi oleh kami," ujar Chief Executive Officer Umra.id, Ahmad Husaini di Gedung Wisma Mandiri I, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Paket yang ditawarkan padaUmra.id memungkinkan calon jemaah memilih maskapai pesawat, hotel, visa dan durasi umrah. Pilihan tersebut juga akan mempengaruhi harga yang akan dibayarkan.

Baca juga: MarkPlus Conference Kembali Digelar, Catat Tanggal dan Lokasinya

Nantinya calon jemaah bisa mengatur ke mana saja mereka ingin pergi. Karena saat ini banyak agen tur umrah yang sudah mengatur segalanya sehingga para calon jemaah tidak memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal mereka. 

Keberangkatan calon jemaah juga tidak harus dalam grup yang memiliki kuota minimal atau maksimal tetapi bisa untuk individu. 

"Di kami itu bisa Rp 14 juta. Berangkat Kamis, pulang Minggu. Kan yang penting syarat dan rukunnya umrahnya terpenuhi," ucap Ahmad.

Mengenai keamanannya, Umra.id sendiri berada di bawah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) resmi PT Central Global Network (CGN).

Baca juga: Sri Mulyani ke Nadiem: Its Not About the Money...

Direktur CGN, Ma'an Muadz, mengatakan perusahaannya telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama sejak 2013 dan telah diperpanjang pada 2016.

Mengenai harga Rp 14 juta, Ma'an menjamin tidak menyalahi Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah. PMA tersebut mencantumkan biaya minimal ibadah umrah sebesar Rp 20 juta.

"Kami akan istilahnya memenuhi itu meski jemaahnya (bayar) di bawah Rp 20 juta. Kami setor dulu Rp 20 juta untuk mendapatkan porsi antrean umroh. Jadi tidak ada yang dilanggar," kata dia.

"Ditanggung dulu (Rp 20 juta) oleh kita, untuk memenuhi regulasi pemerintah itu. Mau enggak mau kami harus begitu," ucap Ma'an menambahkan.

Baca juga: Bagaimana Kelanjutan Konglomerasi Bisnis Ciputra Group?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com