Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Honor "Manggung", Susi Bakal Bagi-bagi Kapal ke Nelayan

Kompas.com - 29/11/2019, 14:02 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Mantan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana membagikan sejumlah kapal kepada nelayan di pesisir lautan Lampung. Biaya pembelian kapal itu sendiri adalah dari honor manggungnya sebagai pembicara di berbagai acara.

Staff Susi Suhana menyebutkan, ada lima kapal yang akan diberikan pada nelayan-nelayan di Lampung untuk memudahkan dalam mencari ikan di laut.

"Ada lima kapal yang akan diberikan oleh Susi kepada nelayan di Lampung," kata Suhana di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, kepada Kompas.com, Jumat (29/11/2019).

Baca juga: Ikuti Ahok, Susi dan Jonan Akan Jadi Petinggi di BUMN?

Suhana menjelaskan, kapal-kapal tersebut berasal dari honor Susi saat menjadi pembicara di acara sosial yang diselenggarakan oleh Yasarini. Yasarini atau Yayasan Ardhya Garini dikelola oleh organisasi istri TNI binaan istri Panglima TNI, Nanny Hadi Tjahjanto.

Usai tak menjadi menteri lagi, Susi aktif dalam berbagai acara sosial yang berkaitan dengan kelautan.

Sebagai wujud cintanya kepada laut, Susi meminta pembayaran honor manggungnya tidak berupa uang, melainkan beberapa kapal yang bisa ia berikan sebagai bantuan kepada nelayan.

Kapal yang nantinya akan diberikan Susi adalah kapal nelayan sepanjang 9 meter dengan lebar 1,2 meter dan kedalaman 0,7 meter atau non GT.  Adapun harga per satu unitnya adalah sekitar Rp 50 juta (termasuk mesin).

Sementara itu, target penyerahan kapal yakni satu kapal untuk 2 orang nelayan. Sehingga total nelayan yang menerima adalah 10 nelayan.

Adapun nelayan yang masuk kriteria penyerahan bantuan ini adalah nelayan dengan kondisi kapal yang tidak layak dan juga nelayan dengan golongan ekonomi yang masih menyewa kapal untuk melaut.

Baca juga: Edhy Prabowo Akan Kaji Reklamasi Teluk Benoa yang Dibatalkan Susi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com