Kompas.com - 29/11/2019, 15:38 WIB
Edhy Prabowo mengunjungi stand peserta di Nusatic 2019, Jumat (29/11/2019). KOMPAS.com/ELSA CATRIANAEdhy Prabowo mengunjungi stand peserta di Nusatic 2019, Jumat (29/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, mengapresiasi atas terselenggaranya Pameran Ikan Hias Terbesar di Dunia & Pameran Agroliving Besar di Indonesia, Nusatic 2019.

Acara yang berlangsung mulai dari tanggal 29 November-1 Desember 2019 di ICE BSD, Serpong , dihadiri lebih dari 2.000 para pembudidaya ikan.

"Saya sangat senang diselenggarakan acara ini, melalui acara ini semua pembudidaya ikan hias bisa berkumpul," ujarnya di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Tahun 2020 pemerintah Indonesia menargetkan akan melakukan ekspor ikan sebesar 6,1 miliar dollar AS.

Baca juga: Indonesia Bidik Peluang Usaha Ikan Hias

Namun saat ini pihaknya mengaku masih perlu melakukan pengoptimalisasi mengingat sektor budidaya ikan hias di Indonesia masih belum berkembang.

"Memang KKP saat ini belum intensif di sektor budidaya ikan padahal pertumbuhannya cukup besar," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Edhy juga menyebut dirinya sendiri tak asing dengan budidaya ikan hias karena sejak kecil dirinya sudah memelihara ikan.

Sementara Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Kemenko Kemaritiman dan Investasi Suparman mengatakan, pada tahun 2018 yang lalu nilai perdagangan ikan hias baru mencapai 314 juta dollar AS. Padahal potensinya sangatlah besar karena Indonesia memiliki 1.200-an jenis ikan hias.

"Kami harapkan komunikasi tidak berhenti di sini dan tidak hanya sekadar seremoni tapi bisa menyelesaikan masalah di lapangan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.