Resign dari PNS, Pria Ini Jadi Miliarder Muda Singapura

Kompas.com - 29/11/2019, 17:03 WIB
Pendiri Sea Ltd Gang Ye Sea Ltd/Bloomberg/HandoutPendiri Sea Ltd Gang Ye

SINGAPURA, KOMPAS.com - Gang Ye (39) adalah seorang miliarder baru Singapura. Dia berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya dari perusahaan game yang dirintisnya Sea Ltd

Gang Ye merupakan mantan negeri sipil pemerintah Singapura, tepatnya di Dewan Pengembangan Ekonomi SIngapura. Alumni Carnegie Mellon University AS ini juga sempat bekerja di perusahaan Wilmar International Ltd, yang notabene adalah perusahaan dari Indonesia.

Mengutip Bloomberg, Jumat (29/11/2019), pada pekan ini, Gang Ye berhasil menduduki posisi sebagai salah satu orang terkaya di Singapura berkat game yang dirilisnya, Free Fire menjadi permainan yang paling banyak diunduh di Apple dan Google app store.

Dia merupakan perintis perusahaan Sea Ltd. Berkat game tersebut, perusahaan yang dirintis Ye meraup pendapatan sebesar  1 miliar dollar AS. Hal ini membuat kapitalisasi pasar Sea Ltd naik 3 kali lipat sejak perusahaan tersebut diluncurkan pada 2017.

Baca juga : Bukan Kecerdasan, Ternyata Ini 3 Kunci Kesuksesan Para Miliarder

Sebelum meraih sukses di Singapura, Gang Ye merupakan warga Tiongkok. Saat masih remaja, dia pindah ke Singapura, tepatnya pada 1990-an.

Selanjutnya dia bersekolah ke AS yakni ke Carnegie Mellon University dan kembali ke Singapura. Setelah kembali, dia meraih status warga negara di negeri jiran itu.

Saat ini sebagian besar saham Sea Ltd dipegang oleh perusahaan Tiongkok, Tencent Holdings Ltd. Sementara itu, Gang Ye menguasai 8,4 persen saham Sea Ltd.

Saham Sea Ltd. mencapai rekor tertinggi sepanjang bulan bulan November ini setelah perusahaan melaporkan pendapatannya naik tiga kali lipat menjadi 610,1 juta dollar AS pada kuartal III 2019.

Saat ini, Ye bersama koleganya yang juga membidani Sea Ltd, Forrest Li menjadi miliarder terbaru yang muncul dari kancah game.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X