Rupiah Ditutup Melemah, Pasar Khawatir Kesepakatan Dagang Terhambat

Kompas.com - 29/11/2019, 18:01 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan rupiah di pasar spot pada akhir pekan, Jumat (29/11/2019) menunjukkan pelemahan. Melansir Bloomberg, rupiah ditutup Rp 14.108 per dollar AS, melemah 16 poin atau 0,12 persen dibandingkan penutupan Kamis Rp 14.092 per dollar AS.

Menurut Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, sentimen yang mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS masih berkaitan dengan dukungan Trump terhadap Hong Kong.

"Rupiah kembali tertekan terhadap dollar AS hari ini terkait kekhawatiran negosiasi dagang. Pasar khawatir Tiongkok akan mempermasalahkan UU Hong Kong yang disahkan Trump dalam negosiasi sehingga menghambat kesepakatan dagang," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Pergerakan Rupiah Terbatas, Ada Pengaruh Trump Teken UU Hong Kong

Selanjutnya, Ariston mengatakan perdagangan mata uang Asia juga bervariasi mengingat AS sudah memasuki masa reses.

"Kisaran perdagangan juga cukup tipis hari ini, mungkin terkait dengan libur panjang thanksgiving di AS sehingga pasar tidak berani mengambil posisi besar," jelasnya.

Sebelumnya diketahui, pekan ini Trump mengambil keputusan yang berpotensi menuai amarah China. Trump menandatangani RUU dukungan kepada China terkait demonstrasi anti pemerintahan, artinya saat ini RUU HAM Hong Kong sudah menjadi UU.

Baca juga: Sri Mulyani soal Pemangkasan Eselon III dan IV: Gaji Tetap, Fasilitas Berubah

Meski belum mendapatkan komentar dari presiden China, Xi Jinping namun pelaku pasar mulai apatis terhadap rencana kesepakatan dagang pada Desember 2019 mendatang.

Dollar Singapura terlihat melemah sore ini yakni pada level 1.366 per dollar AS atau turun 0,06 persen. Sementara Yen Jepan melemah 0,04 persen pada level 109 per dollar AS.

Baca juga: Resign dari PNS, Pria Ini Jadi Miliarder Muda Singapura

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X