Fasilitasi Pemasaran UKM Lokal, Konsorsium Parara Bakal Adakan Festival

Kompas.com - 29/11/2019, 18:17 WIB
Ketua Konsorsium Parara 2019 Jusupta Tarigan (kiri) menjelaskan serba-serbi terkait festival Parara 2019 di Jakarta, Jumat (29/11/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKetua Konsorsium Parara 2019 Jusupta Tarigan (kiri) menjelaskan serba-serbi terkait festival Parara 2019 di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsorsium Parara kembali menggelar Festival Panen Raya Nusantara (Parara) 2019 di Atrium Plaza Semanggi pada tanggal 6-8 Desember mendatang.

Ketua Konsorsium Jusupta Tarigan mengatakan, acara yang dihelat secara dua tahunan ini bertujuan untuk membuka peluang pasar bagi produk-produk lokal Indonesia. Sebab hingga saat ini, pengusaha lokal kerap dipandang minoritas.

"Konsorsium Parara melihat banyak produk-produk lokal yang memiliki potensi luas dan besar. Tapi penyediaan fasilitas pasar ini masih dipandang minoritas," kata Jusupta Tarigan di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Dia mencontohkan, RI memiliki tenun potensial dari segi kualitas maupun corak indahnya. Namun penjualan tenun terbentur beberapa kebijakan yang tidak mendukung pemasaran tenun tersebut.

Untuk itu, dia pun berkomitmen kembali menyelenggarakan festival dua tahunan ini.

Baca juga : Menkop Ingin Smesco Jadi Mall Khusus UKM

"Kalau hanya sebatas wacana, ini akan berdampak pada sedikit dukungan. Apabila dukungan dalam bentuk festival tidak dilakukan, sayang sekali," tutur Jusupta.

Sama seperti festival Parara sebelumnya, festival mengambil lokasi di daerah perkotaan. Tentu bukan tanpa alasan mengingat Parara menyasar masyarakat perkotaan khususnya milenial yang suka mencicip produk dan makanan unik. Bedanya, festival tahun 2019 diadakan di dalam ruangan (indoor).

"Biasanya kami lakukan di Taman Menteng. Tapi sekarang Wapres (wakil presiden) tinggal di sekitaran itu sehingga tidak boleh ada kegiatan besar di sekitar lingkungan VVIP. Apalagi Desember biasanya hujan sehingga kami pilih di Plaza Semanggi," ungkap Jusupta.

Selain pameran produk kreatif, Parara 2019 bakal menghadirkan sesi talkshow, coaching clinic, pertunjukan kesenian tradisional masyarakat Kulawi Sulawesi Tengah, stand up komedi, dan jurnalis cilik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X