Sah, Angkasa Pura II Genggam 6,01 Persen Saham BIJB

Kompas.com - 29/11/2019, 20:30 WIB
Bandara Kertajati saat ini memiliki kapasitas 5 juta penumpang per tahun. Kedepannya akan dilakukan pengembangan, sehingga kapasitas meningkat menjadi sekitar 29,3 juta penumpang per tahun. Dok. Humas Angkasa Pura IIBandara Kertajati saat ini memiliki kapasitas 5 juta penumpang per tahun. Kedepannya akan dilakukan pengembangan, sehingga kapasitas meningkat menjadi sekitar 29,3 juta penumpang per tahun.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II ( AP II) kini resmi memiliki 6,01 persen saham di PT Bandarudara Internasional Jawa Barat ( BIJB), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo mengatakan penyerapan saham ini mendapat persetujuan dari seluruh pemegang saham perusahaan.

"Tujuan kami menjadi pemegang saham adalah memperkuat posisi Bandara Kertajati sebagai masa depan Jawa Barat, selain itu dapat mendukung konsep multi-airport system yang diterapkan PT. Angakasa Pura II," ujarnya melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (29/11/2019).

Dengan resminya AP II memiliki saham, maka kini komposisi saham BIJB terdiri dari Pemprov Jabar 91,44 persen, PT Jasa Sarana 0,75 persen dan PT Angkasa Pura II sebesar 6,01 persen.

Baca juga: AP II Resmi Kelola Bandara Radin Inten II Lampung hingga 2050

Rencananya PT Angkasa Pura II juga akan kembali menambah kepemilikan saham secara bertahap hingga 2021 sesuai dengan perjanjian yang ditandatangani pada 28 Agustus 2019.

Strategi pengembangan Kertajati antara lain akan mengarah ke konsep Aerocity, akan dibangun kawasan komersial, perhotelan, perkantoran hingga fasilitas pemberangkatan jemaah haji.

Di samping itu pengembangan juga akan mencakup peningkatan kapasitas sisi udara seperti taxiway dan apron. Lalu pada sisi darat yaitu terminal penumpang pesawat serta pengembangan logistik.

Bandara Kertajati saat ini berdiri di kawasan 1.000 hektar yang dilengkapi dengan terminal penumpang pesawat berkapasitas 5,6 juta penumpang per tahun dan landas pacunya berukuran 3.000 x 60 meter.

Baca juga: Akhir 2019, Pegadaian Target Penjualan Emas Capai Rp 3,3 Triliun

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X