Akhir Tahun, Kemenhub Akan Ramp Check Pesawat di 38 Bandara

Kompas.com - 29/11/2019, 22:29 WIB
Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) akan melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan pesawat jelang musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Rencananya ramp check akan dilakukan di 38 bandar udara untuk penerbangan dalam negeri dan 7 lokasi bandara udara untuk penerbangan luar negeri.

“Tahun ini, cakupan lebih luas karena ditambah dengan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulonprogo dan Bandar Udara Kertajati, Majalengka," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (29/12/2019).

“Kami memandang perlu untuk memperluas pemantauan dikarenakan Bandara YIA dan Bandara Kerta jati telah aktif melakukan operasional penerbangan," sambungnya.

Baca juga: Dana Idle di Kas Daerah Membengkak, Kemenkeu Akan Beri Sanksi

Pada periode Nataru tahun ini, pesawat yang akan beroperasi sebanyak 495 pesawat dari 12 maskapai niaga berjadwal.

Kemenhub juga masih membuka peluang para maskapai menambah penerbanganya (extra flight) saat Nataru nanti.

Ditjen Perhubungan Udara telah mempersiapkan apabila dibutuhkan extra flight pada rute-rute tertentu untuk memberikan pelayanan konektivitas bagi masyarakat yang akan liburan akhir tahun.

Selain itu rencananya Kemenhub juga akan membuat posko Nataru mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. Sementara itu puncak Nataru diperkirakan akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2019 dan arus balik pada 5 Januari 2020.

Baca juga: Susi Beri Kapal Gratis ke Nelayan yang Tengah Melaut

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X