Ingin Bisnis Berkembang? Perhatikan Tiga Hal Ini

Kompas.com - 30/11/2019, 16:26 WIB
Ilustrasi peluang bisnis digital. ThinkstockIlustrasi peluang bisnis digital.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki bisnis sendiri memang cukup menggiurkan.

Namun, tak banyak orang yang tahu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan bisinis. Akibatnya, bisnis yang dibanguns bisa mengalami kebangkrutan dalam sekejap.

CEO Mikro Investindo dan Pro Indonesia Foundation Budi Satria Isman saat memaparkan materinya dalam seminar Game Survival in Business 1 Day Workshop With Grand Master Coach and Profesional Trainer di Jakarta, Sabtu (30/11/2019) mengatakan, ada tiga hal yang harus diingat ketika ingin mengembangkan bisnis.

Pertama, business plan. Business Plan atau rencana bisnis adalah hal yang paling penting dimiliki seseorang bisnis agar bisnisnya berjalan dengan baik.

Baca juga: Bulog Rambah Bisnis Online, Kini Beli Beras Bisa via Daring

"Rencana bisnisnya harus matang, jangan setengah-setengah, dengan business plan kita tahu kemana arah jalannya bisnis kita bawa," ujarnya.

Kedua, cashflow atau arus kas. Cashflow yang berantakan bisa terjadi ketika keuangan tidak diatur dan tidak ada perinciannya.

Budi mengilustrasikan, ada seseorang yang membeli tanah dengan harga Rp 10 miliar dan dia membelinya dengan menggunakan tabungannya yang mencapai Rp 5 miliar.

Karena uangnya kurang, ia meminjam Rp 5 miliar lagi. Akan tetapi, tanah yang ia beli tidak dikelola hingga tidak menghasilkan pemasukan.

"Banyak yang menghamili bisnis tapi tidak beranak, logikanya seperti itu, buat usaha tapi tidak pintar mengelola cashflow bisa terjadi," jelasnya.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Waralaba? Perhatikan Dua Hal Ini

Ketiga, team building atau membangun tim dengan baik. Sangat penting untuk memiliki tim yang sehat, dalam arti hubungan komunikasi dengan teman-teman tim sangat perlu terutama untuk membangun kerja sama.

" Walaupun usaha kecil, mulai lah membangun tim, kalau nggak ada uang rekrut para fresh grad dan jalin kerja sama ciptakan komunikasi yang bagus," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X