Melemah, Rupiah Senin Pagi Tembus Level Rp 14.100 Per Dollar AS

Kompas.com - 02/12/2019, 10:02 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA,KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan di pasar spot Senin (2/12/2019) pagi melemah hingga menembus level 14.100.

Mengutip data Bloomberg, rupiah dibuka pada level 14.108 per dollar AS, atau melemah 16 poin sebesar 0,12 persen dibanding penutupan Jumat Rp 14.092 per dollar AS.

Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, sepanjang hari ini rupiah akan dipengaruhi oleh sentimen kesepakatan dagang China dan AS yang hingga kini belum mendapatkan kejelasan.

"Hari Senin ini masih menantikan prospek kesepakatan dagang AS dan China. Kekhawatiran masih membayangi prospek tersebut karena AS merilis UU HK. Ini akan memberikan tekanan ke rupiah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah, Pasar Khawatir Kesepakatan Dagang Terhambat

Selain itu, faktor internal dimana investor masih menunggu rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terkait dengan inflasi November 2019.

"Dari internal, ada rilis inflasi November dengan konsensus 3,06 persen (year on year/yoy). Data inflasi ini bisa positif untuk rupiah karena masih berada di kisaran 3 persen," tambahnya.

Sementara ekonom bank Permata, Josua Pardede menyebutkan, selain kedua faktor tersebut investor masih menunggu beberapa data ekonomi global yang akan dirilis pekan ini. Seperti dari Europe Central Bank (ECB), Purchasing Manager's Index (PMI) dan Institude of Supply Management (ISM).

"Dalam sepekan, ada beberapa data ekonomi yang akan dirilis. Pertama, testimony presiden Eropa Lagarde terkait data ECB, lalu data PMI China juga akan dipantau oleh pelaku pasar. Selain itu, rilis data ekonomi AS seperti data ISM juga akan ditunggu oleh pelaku pasar," jelas Josua.

Josua memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.075 per dollar AS sampai demgan Rp 14.150 per dollar AS.

Baca juga: Dibuka Melemah, Rupiah Akan Terpengaruh Ketidakpastian Perang Dagang

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X