Dari Usaha Produk Sanitasi, Suharniyati Raup Omzet Rp 5 Juta Per Bulan

Kompas.com - 02/12/2019, 14:37 WIB
Suharniyati pelaku usaha sanitasi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARISuharniyati pelaku usaha sanitasi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Wirausaha produk sanitasi dan toilet biasanya banyak digeluti oleh kaum Adam, namun ternyata ada juga perempuan  yang justru tertarik menjalani usaha tersebut.

Suharniyati, seorang ibu asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) memilih berwirausaha sanitasi.

Sang suami lebih dulu memiliki keterampilan pembuatan produk sanitasi dan kloset di sana. Awalnya, sang suami Suharniyati mengikuti pelatihan selama sepekan yang dihelat oleh Yayasan Masyarakat Peduli (YMP) NTB.

Kemudian, keahlian sang suami diturunkan ke Suharniyati yang masih aktif mengelola usaha dagang.

Baca juga: Ini Daftar Negara Terbaik untuk Entrepreneur Perempuan, Adakah Indonesia?

Kini, Suharniyati menjadi satu-satunya perempuan yang bertahan dengan wirausaha sanitasi dan kloset di desanya. Awalnya, banyak perempuan yang melakoni usaha ini, namun lambat laun redup.

Usaha sanitasi di desanya ini dia dan suami beri nama UD Beriuk Tinjal. Selain membantu suami mengembangkan usaha sanitasi, ada alasan lain di balik terjunnya Suharniyati di bisnis tersebut.

"Alasan saya untuk usaha sanitasi, mengantarkan desa UDM. Di samping itu juga ingin membantu suami mendapatkan penghasilan yang lebih. Suami dari awal sudah usaha ini, kalau kloset sudah mulai 2013," katanya saat ditemui di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Dia ingin menepis anggapan bahwa perempuan hanya tinggal di rumah mengurus anak dan suami. Menurut Suharniyati, perempuan juga bisa setara dengan pria.

"Karena mungkin pemikiran perempuan itu hanya kesibukannya di rumah tangga sehingga tidak mau menekuni sanitasi ini," ujarnya.

Baca juga: Berdayakan Perempuan Melalui Kewirausahaan

Berbicara soal 'cuan', usaha sanitasi dan kloset tersebut cukup untung penjualannya. Per bulannya dia bisa mengantongi lebih dari Rp 5 juta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X