Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kain Khas Tana Toraja Diboyong ke Pameran di Italia

Kompas.com - 02/12/2019, 19:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom Indonesia mendukung pengembangan UKM di Tanah Air. Salah satunya dengan mempromosikan UKM binaan pada ajang Pameran Kerajinan Internasional di Milan, Italia.

Pameran itu berlangsungpada 30 November hingga 8 Desember 2019. Pameran bertajuk L Artigiano in Fiera 2019 merupakan salah satu pameran kerajinan terbesar di dunia.

Pameran tersebut berlangsung selama 9 hari dan diikuti lebih dari 100 negara. Pameran ini berlangsung setiap tahun sejak 1995 dengan jumlah kunjungan mencapai 2 juta orang.

Romles Simanjuntak, Senior Manager Kemitraan PT Telkom mengatakan, UKM yang diboyong ke Milan merupakan UKM binaan Telkom yang telah melewati proses pemilihan dan kurasi dalam ajang Telkom Craft Indonesia (TCI). Kegiatan TCI yang diprogramkan Telkom setiap tahun menyeleksi seluruh mitra binaan Telkom.

Baca juga: Menelusuri Geliat UKM, Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

UKM unggulan selanjutnya akan diikutsertakan dalam Pameran dari tingkat nasional hingga internasional.

"8 mitra binaan unggulan pemenang TCI kami berikan reward untuk berpameran di di mancanegara. Di antaranya 5 UKM diikutsertakan dalam pameran tingkat Asia Tenggara di Malaysia, 2 UKM mengikuti pameran berskala Asia Pasifik di Korea Selatan dan 1 Juara Umum mengikuti pameran di tingkat dunia di Milan" papar Romles dalam keterangannya, Senin (2/12/2019).

Romles melanjutkan, UKM yang diboyong pada ajang Pameran dunia ini adalah produk Kain Khas Tana Toraja dengan merk Suke Clothing. Suke Clothing merupakan peraih Juara I pada ajang TCI.

"Sesuai misi kami mendorong UKM unggulan daerah menjadi juara di tingkat global. From local heroes to global champion," ujarnya.

Baca juga: Menkop Ingin Smesco Jadi Mall Khusus UKM

Romles berharap dengan ikut sertanya UKM unggulan Telkom pada ajang internasional ini dapat memotivasi pelaku UKM agar secara berkelanjutan meningkatkan kualitas. Sehingga UKM lokal memiliki daya saing tidak hanya di tingkat nasional, akan tetapi di kancah global.

"Suke Clothing ini diharapkan menjadi inspirator bagi UKM-UKM lain di daerah agar berani bermimpi di kancah dunia," terang Romles.

Yuris, pemilik Suke Clothing merasa bangga karena dapat menjadi bagian dalam pameran berskala dunia yang diikuti lebih dari 3.000 peserta pameran mancanegara. Produknya yang merupakan kain kebanggaan Tana Toraja bisa berdampingan dengan ribuan produk dari seluruh dunia.

"Saya bersyukur karena warisan leluhur Tana Toraja dapat dikenalkan di kancah internasional," ucap Yuris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com