Simak, 5 Kesalahan Keuangan yang Dilakukan Orangtua pada Anak

Kompas.com - 02/12/2019, 20:12 WIB
Ilustrasi anak sedang menyisihkan uang. ThinkstockIlustrasi anak sedang menyisihkan uang.

NEW YORK, KOMPAS.com - Bagi banyak orangtua, membicarakan tentang keuangan dengan anak menjadi hal yang sulit dilakukan.

Sebagian orangtua memilih melakukan hal lain ketimbang membicarakan keuangan dengan anak. Terkadang, literasi keuangan orangtua pun tidak mumpuni, sehingga berdampak pada perilaku keuangan yang ditunjukkan kepada anak.

Dilansir dari CNBC, Senin (2/12/2019), menurut Brad Klontz, penulis buku Mind Over Money dan salah satu pendiri Financial Psychology Institute, orangtua harus mengidentifikasi keyakini mereka soal keuangan dan menilik kembali peristiwa yang terjadi di dalam keluarga yang ada kaitannya dengan uang.

Klontz menuturkan, ada peristiwa tertentu yang memberikan dampak besar terhadap hubungan orang dengan uang. Ia memberi contoh adalah krisis keuangan yang membuat sebagian orang tak percaya terhadap institusi keuangan karena kegagalan sistem perbankan.

Baca juga: Ajarkan Anak Anda tentang Keuangan, Simak Caranya

Adapun menurut Thomas Henske, perencana keuangan bersertifikat, banyak orangtua merasa enggan berbicara tentang uang dengan anak-anak mereka. Sebab, mereka tak ingin menjawab pertanyaan "liar" yang mungkin diajukan anak.

Henske memberi contoh pertanyaan tersebut adalah salah satunya, "Apakah kita kaya?"

"Itu adalah awal dari pembicaraan yang bagus. Jawablah dengan pertanyaan. 'Kaya memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Apa yang kamu maksud dengan kaya?'" ujar Henske.

Berikut ini sejumlah kesalahan keuangan yang dilakukan orangtua terhadap anak, baik disadari atau tidak.

1. Selalu berkata "ya"

"Orangtua kadang-kadang terlalu berkorban demi anak," kata Liz Gendreau, penulis blog tentang keuangan keluarga.

Gendreau menuturkan, adalah sebuah kesalahan bila orangtua memberikan segalanya bagi anak, apalagi jika sampai harus mengorbankan dana pensiun. Orangtua harus menyeimbangkan kebutuhan mereka sendiri dengan kebutuhan anak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X