KA Kalijaga Resmi Berhenti Operasi, Adakah Penggantinya?

Kompas.com - 03/12/2019, 06:09 WIB
Ilustrasi kereta KOMPAS.COM/RATIH WINANTI RAHAYUIlustrasi kereta

SOLO, KOMPAS.com -  Kereta Api Kalijaga resmi berhenti operasi. Hal ini menyusul pencabutan subsidi oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Manajer Humas Daerah Operasional VI PT KAI (Persero) Eko Budianto mengatakan, kereta yang yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Poncol Semarang berhenti beroperasi sejak 1 Desember 2019),

Menurut dia, pemberhentian operasional KA dengan tarif Rp 10.000/penumpang ini berdasarkan Grafik Perjalanan KA atau Gapeka 2019 yang tidak memasukkan KA Kalijaga.

"Bisa dikatakan PT KAI mencabut subsidi operasional KA Kalijaga. Selama ini kan KA Kalijaga beroperasinya merupakan hasil subsidi," katanya di Solo, Jateng, Senin (2/12/2019).

Baca juga: PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa

Terkait dengan pemberhentian operasional KA Kalijaga tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Dia mengatakan pada sosialisasi juga disampaikan bahwa PT KAI menyediakan KA Joglosemarkerto sebagai pengganti KA Kalijaga.

Eko mengatakan KA Joglosemarkerto melayani rute Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto.

Berbeda dengan KA Kalijaga, untuk KA Joglosemarkerto ini PT KAI tidak menerapkan sistem subsidi.

"Jadi tiketnya lebih mahal dibandingkan KA Kalijaga karena tidak ada subsidi. Kalau dulu tiket KA Kalijaga Rp10.000/penumpang untuk KA Joglosemarkerto harga tiketnya mulai dari Rp50.000/penumpang," katanya.

Adapun jadwal keberangkatan KA Joglosemarkerto rute Solo-Tegal-Purwokerto-Solo-Semarang Tawang berangkat dari Solo pukul 05.10 WIB.

Kemudian KA Joglosemarkerto rute Solo-Purwokerto-Tegal-Semarang Tawang-Solo-Yogyakarta dijadwalkan berangkat puku 06.05 WIB.

"Sedangkan KA Joglosemarkerto rute Purwokerto-Tegal-Semarang Tawang-Solo berangkat dari Solo pukul 17.54 WIB," sebut dia.

Baca juga: PT KAI Siapkan 30 Kereta Api Tambahan untuk Natal dan Tahun Baru, Ini Daftarnya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X