Dorong Konsumsi, Beli Ikan Bakal Bisa Lewat Aplikasi

Kompas.com - 03/12/2019, 12:40 WIB
Ilustrasi ikan ClaudioStoccoIlustrasi ikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi dewasa ini membuat inovasi semakin dibutuhkan. Tak terkecuali sektor perikanan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Budhi Wibowo mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi, penjualan ikan bisa dilakukan secara online.

"Nanti di setiap daerah ada distribution center melalui aplikasi," kata Budi di Gedung Minabahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Budi mengatakan tak hanya ikan yang akan dijual secara online melalui aplikasi. Ragam sektor perikanan diharapkan bisa turut dijual dalam bentuk beku (frozen).

Baca juga: Edhy Prabowo: Kami Akui Saat Ini Belum Optimal di Budidaya Ikan

"Bukan hanya ikan saja, semua sektor perikanan nanti. Bisnisnya adalah dengan menggunakan fasilitas cold storage, mereka yang mendistribusikan melalui aplikasi dalam bentuk produk frozen," katanya.

Hal ini diharapkan mendapat peran serta pemerintah dalam mendukung agar anak muda Indonesia bisa berinovasi memanfaatkan teknolgi dalam sektor budidaya ikan.

"Ini yang didorong agar anak muda membuat aplikasinya dan menjaga distribusinya," jelasnya.

Selama ini, Budi menilai pemerintah selalu menggalakkan program masyarakat gemar ikan, sementara itu tidak didukung kemudahan memperoleh ikan.

Apalagi saat ini, manusia semakin sibuk sehingga memiliki keterbatasan waktu untuk membeli, mengolah dan memasak ikan.

"Kita selalu ngomong masyarakan Indonesia gemar ikan, maka kan harusnya disukung kemudahan ibu rumah tangga yang mudah mendapat ikan. Alangkah baiknya mereka bisa pesan ikan," tegasnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X