Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor China Mau Bangun Pabrik Solar Cell di Indonesia

Kompas.com - 03/12/2019, 13:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Len Industri (Persero) berencana membangun pabrik solar cell di Subang, Jawa Barat. Nantinya, dalam pembangunan pabrik tersebut Len akan menggandeng investor asal China.

“Investornya sudah ada, lagi kita set up perjanjiannya. Mudah-mudahan Januari (2020) kita bisa firm kan perjanjiannya. Investornya dari China, itu perusahaan kelas dunia,” ujar Direktur Utama Len Zaky Jamal Yasin di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Zaky menambahkan, nantinya pabrik tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 3-5 hektare. Ditargetkan, masa konstruksinya bisa selesai di 2021.

“Nilai investasinya kita perkirakan sekitar Rp 1 triliun,” kata Zaky.

Selain pembangunan pabrik solar cell, lanjut Zaky, PT Len juga berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di fasilitasi milik perusahaan BUMN lainnya.

“Gudang Bulog atapnya (luasnya) berhektar-hektar. Kita rencana sama PLN (buat panel surya) taruh di sana, nanti kita jual ke masyarakat. Para investor kita sudah r ggam sabar, momentumnya jangan sampai hilang,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com