Investor China Minta RI Buka Konjen di Kota Chongqing

Kompas.com - 03/12/2019, 14:47 WIB
Arsitek Safdie Desain Raffles City Chongqing di China designboom.comArsitek Safdie Desain Raffles City Chongqing di China

JAKARTA, KOMPAS.com - Para investor dan pengusaha Chongqing, Sichuan, China, berharap Indonesia segera membuka Konsulat Jenderal ( Konjen) di Kota Chongqing, agar investasi dari daerah tersebut lebih cepat masuk ke Tanah Air.

Dilansir dari Antaranews, Selasa (3/12/2019) selain investasi, pembukaan Konjen di Chongqing juga diharapkan dapat mendongkrak kerja sama perdagangan, pariwisata, dan kebudayaan wilayah tersebut dengan Indonesia.

Hal tersebut diutarakan Walikota Chongqing Tang Liangzhi kepada Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun pada jamuan makan malam Senin (2/12/2019).

Hadir pula sejumlah pejabat Deputi Perencanaan Investasi BKPM Ikmal Lukman, Anggota Komite Investasi Umar Lessy dan Rizal Calvary Marimbo, serta Direktur Pusat Analisa Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Nurlaila Nur Muhammad.

Baca juga: Investor China Mau Bangun Pabrik Solar Cell di Indonesia

"Kami sangat merindukan kehadiran Konjen RI di kota kami," ujar Tang dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Dubes Djauhari Oratmangun berjanji akan segera menyampaikan aspirasi soal pembukaan Konjen itu ke Jakarta.

"Kami akan sampaikan ke Jakarta, sebab mendirikan Konjen butuh persetujuan parlemen," ujarnya.

Dubes Djauhari mengakui aspirasi tersebut sangat penting mengingat intensitas kerja sama perdagangan dan investasi wilayah ini dengan Indonesia semakin tinggi.

Berdasarkan data Kedubes Indonesia di Beijing, terdapat delapan perusahaan besar asal Chongqing telah berinvestasi di Indonesia baik di otomotif, kereta, dan elektronika.

Salah satu korporasi besarnya adalah Sokon Group yang telah berinvestasi kendaraan roda empat di Banten dengan investasi senilai 150 juta dollar AS AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X