Rupiah Ditutup Menguat Tipis, Analis Sebut Masih Ada Potensi Melemah

Kompas.com - 03/12/2019, 17:36 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan pasar spot, Selasa (2/12/2019) menunjukkan pelemahan rupiah yang cukup tipis. Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 10 poin atau 0,07 persen pada level Rp 14.115 per dollar AS dibandingkan penutupan Senin Rp 14.125 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah pada penutupan sore ini tidak berlaku secara keseluruhan. Menurutnya ada potensi bahwa rupiah akan melanjutkan pelemahan.

"Rupiah berhasil ditutup menguat tipis dibandingkan penutupan kemarin, namun demikian, ini bukan berarti secara keseluruhan rupiah menguat," ungkap Ariston kepada Kompas.com.

Ariston melanjutkan pergerakan rupiah masih terpengaruh oleh sentimen kesepakatan dagang antara AS dan China. Di satu sisi, AS sedang berupaya menyepakati perang tarif dengan China, disisi lainnya Trump malah berpihak ke negara otoritas China terkait UU HAM Hong Kong.

Masalah makin diperkeruh dengan kicauan Trump pada Twitternya yang berencana menaikkan tarif impor besi dan baja dari Brasil, Argentina dan Prancis.

"Potensi pelemahan masih terbuka karena ketegangan dagang antara AS dengan negara-negara lainnya seperti Brazil, Argentina, Perancis, ditambah belum jelasnya kesepakatan dagang AS dengan Tiongkok," jelas Ariston

Sementara itu, yuan China tampak melemah 0,08 persen pada level 7.045 per dollar AS. Disusul dengan pelemahan yen Jepang 0,06 persen pada level 109 per dollar AS. Sedangkan dollar Singapura tampak menguat 0,18 persen pada level 1.363 per dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X