Milenial Tanoto Bersaudara Masuk Daftar Pahlawan Filantropi

Kompas.com - 04/12/2019, 17:34 WIB
Belinda Tanoto yang masuk dalam daftar pahlawan filantropi versi Forbes. Dok. ForbesBelinda Tanoto yang masuk dalam daftar pahlawan filantropi versi Forbes.

JAKARTA, KOMPAS.com - Majalah Forbes merilis sosok yang dianggap sebagai pahlawan kemanusiaan atau Heroes of Philanthropy Asia.

Dari nama-nama yang dirilis, ada artis asal Korea Selatan, Lee Ji Eun atau biasa disapa IU.

IU merupakan yang termuda meraih gelar pahlawan filantropi itu. Rupanya di Indonesia, ada juga generasi milenial yang meraih gelar pahlawan filantropi ini, ialah Belinda Tanoto (34) dan Anderson Tanoto (30).

Kedua bersaudara ini menjabat sebagai Direktur Royal Golden Eagle.

Keluarga konglomerat Tanoto mendirikan yayasan yang sama dengan nama mereka, Tanoto Foundation. Belinda merupakan pemimpin generasi baru bagi yayasan itu.

Baca juga: Mengintip Motif Batik Kegemaran Istri Konglomerat Sukanto Tanoto

Tanoto Foundation dibentuk pada tahun 1981 silam, oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto. Yayasan itu awalnya meletakkan dasar-dasar kegiatan filantropi yang bertujuan menanggulangi kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup.

Sukanto dan Tinah Bingei mulai memberikan bantuan kemanusiaan pada 1980-an. Upaya keluarga sejak itu meluas hingga ke China, di mana yayasan menawarkan pelatihan kepada orang tua di daerah pedesaan.

Di Singapura, yayasan mendukung penelitian tentang penyakit yang lazim di Asia.

Dalam kepemimpinan Belinda, Tanoto Foundation hadir sebagai repesentasi yayasan filantropi yang lebih milenial dan fokus pada strategi untuk menghasilkan dampak sosial yang berkelanjutan.

Baca juga: Tanoto Foundation Bina Mantan TKI Jadi Guru Bahasa Inggris

Sedangkan, Anderson Tanoto mencurahkan sekitar seperlima waktunya untuk program pelatihan kepemimpinan yayasan dan dukungannya terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Tanoto Foundation juga berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan pemerintah sebagai sebagai pengembangan dan perluasan program.

Diketahui, Yayasan Tanoto pada tahun ini telah menyumbangkan 16,7 juta dollar AS atau naik 30 persen dari 2018, untuk mendukung dan menyediakan pendidikan untuk semua, dari anak usia dini hingga universitas.

Tanoto Foundation juga telah melatih 15.000 guru dan mendanai hampir 7.500 beasiswa universitas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X