Pengguna dan Investor Mobil Listrik Dapat Beragam Insentif, Apa Saja?

Kompas.com - 04/12/2019, 18:37 WIB
Ilustrasi mobil listrik. The GuardianIlustrasi mobil listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar melakukan imbauan kepada industri otomotif untuk meningkatkan produksi kendaraan listrik di masa depan.

Bahkan, ragam insentif dijanjikan bakal diberikan kepada pengguna dan investor mobil listrik.

Adapun alasan Kemenperin memberikan insentif adalah agar investor bisa mengembangkan kendaraan listrik.

Perusahaan otomotif yang ingin mendapatkan insentif juga harus meningkat penjualan dan produksi kendaraan listrik.

"Fasilitas insentif yang diberikan kepada investor antara lain tax allowance dan tax holiday," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (Imatap) Kemenperin Putu Juli Ardika di Bursa Efek Indonesia Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: PLN Dorong Program Percepatan Kendaraan Listrik

Selanjutnya, untuk penelitian yang akan dilakukan investor, maka investor akan diberikan super deduction tax sebesar 300 persen.

Sementara dari sisi konsumen pengguna kendaraan listrik, ada beberapa keuntungan yang akan diberikan, antara lain biaya balik nama yang lebih murah.

"Jadi kalau kendaraan listrik, bea balik nama kendaraan bermotor itu kalau biasanya 12 persen. Kendaraan listrik ini paling mahal 2,5 persen. Ini yang juga didorong," jelas Putu.

Cicilan kendaraan listrik melalui PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga akan lebih murah yakni dengan bunga 3,8 persen dan tenor 6 tahun. Selain itu, juga ada kemudahan dalam hal aturan ganjil genap.

"Jadi enggak usah beli mobil dua untuk masuk ke ganjil genap. Mobil listrik bisa," tambahnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X