Cerita JK Pasca-pensiun: Saya Selalu Merasa Hari Sabtu Terus

Kompas.com - 05/12/2019, 05:16 WIB
Wakil Presiden RI Periode 2014-2019 Jusuf Kalla fi Jakarta, Rabu (4/12/2019). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAWakil Presiden RI Periode 2014-2019 Jusuf Kalla fi Jakarta, Rabu (4/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden periode 2014 - 2019 Jusuf Kalla telah 1,5 bulan pensiun. Dirinya mengatakan, dalam waktu 10 hari setelah turun dari jabatan tersebut, dia selalu merasa setiap hari adalah hari Sabtu.

Namun demikian, dirinya tidak selalu menikmati hari-harinya yang kosong agenda tersebut.

"10 hari pertama, saya selalu merasa hari Sabtu terus. Ibu kadang bingung juga. Hari pertama masih enak, hari kedua masih enak. Hari ketiga kok enggak ke mana-mana ya," ujar dia ketika memberi paparan dalam CNBC Indonesia Award di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

JK mengatakan, baginya, berkegiatan sudah menjadi kebiasaan sehingga ketika dalam beberapa hari berturut-turut agendanya kosong, justru jadi persoalan.

Baca juga : Pamit, JK Sebut Pertumbuhan Ekonomi RI Sudah Baik, tetapi...

Dia pun bercerita, sehari sebelum pensiun, dia sempat bertemu dengan Wakil Presiden China yang mengatakan bahwa meski JK pensiun, dirinya tak bisa berhenti beraktivitas.

Dia pun menambahkan, berakhirnya masa jabatan bukan berarti berhenti mengelola ekonomi. Sebab, menurut dia, mengelola ekonomi rumah tangga, negara, ataupun perusahaan sebenarnya tak jauh berbeda.

"Jadi tetap saja ini kehidupan jalan, kita tidak bisa hanya di rumah. Dulu liburan banyak, sekarang tidak. Usaha katering yang biasa saja, sekarang menunya diubah. Sebagai pengusaha, perusahaan tidak pernah kita hentikan penjualannya, tapi kita promosi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.