PP E-Commerce Terbit, Ini Catatan dari Asosiasi

Kompas.com - 05/12/2019, 13:42 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi E-Commerce Indonesia ( idEA) memberi komentar terkait Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2019 mengenai e-commerce yang sudah terbit. 

Ketua Umum idEA, Ignatius Untung mengungkapkan, pihaknya mendukung peraturan tersebut namun ada beberapa hal yang harus dipastikan. 

"Kita menyambut positif dan masih mempelajari detail-detailnya, intensinya baik," ucap Ignatius saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/12/2019).

Namun demikian, ada bagian yang menjadi perhatian idEA, yaitu ketika di dalam PP tersebut menyebutkan, pedagang dalam negeri dan pedagang luar negeri yang melakukan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) dengan menggunakan sarana yang dimiliki PPMSE dalam negeri dan/atau PPMSE luar negeri wajib memenuhi syarat dan ketentuan PPMSE sesuai standar kualitas pelayanan yang disepakati dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Jokowi Terbitkan PP E-Commerce, Berikut Rinciannya

Pada poin a, peraturan ini Pedagang diwajibkan mengutamakan menggunakan nama domain tingkat tinggi Indonesia (dot id) bagi Sistem Elektronik yang berbentuk situs internet.

Menurut Untung, poin ini harus lebih diperhatikan dan diperjelas peruntukannya untuk siapa, apakah untuk e-commerce yang sudah lama berdiri atau yang masih baru. 

"Karena domain itu pengaruh ke branding juga, karena kalau harus domain harus dirubah berati itukan harus rebranding," ucapnya.

Baca juga: Penjualan E-commerce Terus Meroket, Bagaimana Menarik Pajaknya?

Untung menambahkan,  selama ini pemerintah kurang melibatkan asosiasi atau pelaku e-commerce dalam diskusi pembuatan regulasi. 

"Sebenarnya disayangkan, pemerintah kurang mengajak diskusi soal regulasi, walaupun kita beberapa kali udah sempat diajak ngobrol," kata dia. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tenatang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau e-commerce.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X