China Mulai Melunak, Rupiah Ditutup Menguat

Kompas.com - 06/12/2019, 17:26 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penutupan spot akhir pekan, Junat (6/12/2019), rupiah terlihat menguat. Melansir Bloomberg, rupiah ditutup menguat 30 poin atau 0,22 persen pada level Rp 14.038 per dollar AS dibanding penutupan Kamis Rp 14.068 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah didorong oleh kebijakan China yang melunak dengan menurunkan tarif impor beberapa komoditi AS.

"Tiongkok dikabarkan berencana mengurangi tarif impor keledai dan daging babi dari AS. Ini merupakan gestur positif dari Tiongkok. Ini yang menjadi mover utama yang mendorong penguatan rupiah terhadap dollar AS hingga sore ini," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Shopee Gelar 12.12 Birthday Sale, Ini Promo-promonya

AS dan China sejauh ini masih melakukan pembicaraan terkait negosiasi dagang kedua negara. Hal ini menimbulkan reaksi positif dari para investor.

"AS dan China dikabarkan masih membahas soal jumlah pembelian produk pertanian AS oleh Tiongkok. Sebelumnya Tiongkok berjanji membeli senilai 40 miliar dollar AS sampai 50 miliar dollar AS atas produk pertanian AS yang dianggap sangat besar yang mungkin minta dikurangi oleh China," ungkapnya.

Selain itu, kedua negara juga masih membahas soal nominal tarif impor yang akan dicabut. Hal ini membuat pasar semakin optimis atas kesepakatan dagang AS dan China yang bisa terjadi tahun ini.

Baca juga: Ikatan Awak Kabin Garuda Merasa Dirugikan dengan Kebijakan Ari Askhara

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X