Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Waktu Terbaik Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Kompas.com - 07/12/2019, 09:17 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Siapa sih, yang enggak kepingin dapatkan tiket murah? Terlebih lagi bagi yang sering bepergian menggunakan pesawat, baik itu untuk urusan bisnis atau sekadar liburan.

Membeli tiket pesawat sebagai persiapan perjalanan merupakan hal yang lazim dilakukan, agar perjalanan menjadi lebih mudah dan nyaman. Sebisa mungkin tiket pesawat ini sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, apalagi jika Anda akan bepergian di musim liburan atau hari sibuk lainnya.

Lalu, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat ini? Karena waktu yang tepat bisa bikin menemukan tiket murah, sehingga Anda bisa menghemat biaya perjalanan.

Pastikan Anda memahami hal ini dengan baik, sehingga Anda bisa memanfaatkan momen terbaik untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga paling murah di pasaran. Ini rahasia waktu terbaik beli tiket biar dapat harga murah seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Seringlah Cek di Beberapa Agen atau Aplikasi Maskapai

Membeli tiket sejak jauh-jauh hari memang sangat disarankan, sebab hal ini bisa memungkinkan Anda mendapatkan harga tiket terbaik di pasaran. Pantau harga tiket secara berkala di beberapa agen atau aplikasi maskapai penerbangan, sehingga mendapatkan harga paling murah.

2. Pantau Harga Tiket secara Berkala

Aktifkan alarm Anda dan cek harga tiket di waktu-waktu tersebut, sehingga peluang Anda mendapatkan harga termurah akan semakin besar. Anda juga bisa memanfaatkan situs perjalanan online yang saat ini sudah memiliki beragam fitur.

Termasuk alarm dan juga pemberitahuan melalui e-mail untuk harga tiket terbaik. Manfaatkan fitur tersebut guna mendapatkan informasi paling akurat dan harga tiket terbaik untuk perjalanan Anda.

3. Pemesan di Hari Minggu Jadi Hari Terbaik

Dari semua hari, hari Minggu menjadi hari pemesanan terbaik untuk mendapatkan harga tiket paling murah di pasaran. Sebaliknya, hari Jumat biasanya jadi hari terburuk buat pemesanan tiket, sebab harganya akan jauh lebih mahal.

Hindari melakukan pemesanan tiket di hari Jumat, apalagi buat keberangkatan yang cukup dekat. Sebisa mungkin lakukanlah pemesanan tiket perjalanan Anda di hari Minggu saja.

Selisih harga untuk pemesanan tiket di hari Minggu ini juga cukup banyak, yakni sekitar 10 hingga 30 persen dari harga pemesanan pada hari lainnya. Ini tentu jumlah yang cukup besar, apalagi jika Anda akan bepergian bersama dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya.

Jika Anda ingin menghemat biaya perjalanan, maka melakukan pemesanan tiket di hari Minggu bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena hari Minggu merupakan masa berakhirnya liburan akhir pekan.

4. Pilih Penerbangan untuk Hari Selasa atau Rabu, Hindari Akhir Pekan

Bukan hanya waktu pemesannya saja, waktu terbang Anda juga tentu akan sangat memengaruhi harga tiket pesawat Anda. Terbang di hari Selasa atau Rabu akan menjadi keputusan yang tepat.

Sebab harga tiket di kedua hari tersebut memang menjadi yang paling murah jika dibandingkan dengan hari lainnya. Sebaliknya, harga tiket di hari Jumat dan Minggu akan menjadi yang paling mahal, sebab ada banyak orang yang bepergian di hari tersebut.

5. Bisa Pilih Penerbangan di Hari Sabtu

Harga tiket di akhir pekan memang akan cenderung lebih mahal, namun tidak untuk hari Sabtu. Harga tiket di hari Jumat dan Minggu menjadi yang paling tinggi di antara hari lainnya, bahkan hari Sabtu sekalipun.

Jika Anda bepergian, maka memilih kembali di hari Sabtu akan menjadi keputusan yang tepat. Anda akan memiliki banyak pilihan tiket yang murah buat penerbangan di hari ini.

Baca Juga: Impor dan Sewa Pesawat Bebas PPN, Harga Tiket Pesawat akan Murah?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com