Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Ferrari dalam Kargo Pesawat, Ini Penjelasan Garuda Indonesia

Kompas.com - 07/12/2019, 14:31 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Potongan video yang memperlihatkan mobil mewah merek Ferrari keluar dari kargo pesawat Garuda Indonesia ikut viral karena kasus penyelundupan motor klasik Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda.

Vice President Corporate Secretary M. Ikhsan Rosan membenarkan Garuda Indonesia pernah mengangkut mobil Ferrari itu pada tanggal 9 Oktober 2018 dengan nomor penerbangan GA086 jenis B-777-300ER.

Berbada dengan Harley dan Brompton yang diselundupkan, mobil Ferrari itu secara legal diangkut dari Jakarta ke London.

"Bersama ini kami konfirmasikan bahwa mobil tersebut merupakan barang kargo yang secara legal diangkut dari Jakarta tujuan London Heathrow dengan pesawat Garuda Indonesia GA086 jenis B-777-300ER pada tanggal 9 Oktober 2018," kata Ikhsan dalam siaran pers, Sabtu (7/12/2019).

Ikhsan bahkan menuturkan, mobil tersebut telah melalui prosedur kepabeanan resmi. Mobil Ferrari merah yang diangkut memang milik seseorang yang menggunakan jasa kargo Garuda Indonesia.

"Adapun lokasi pengambilan gambar adalah di bandara Heathrow London ketika cargo berupa mobil Ferrari tersebut diturunkan dari pesawat," tuturnya.

Selain Ferrari kata Ikhsan, Garuda Indonesia juga kerap mengangkut jasa kargo barang-barang yang lain. Bahkan, pernah juga mengangkat Panda dari China ke Jakarta pada 2017.

"Garuda Indonesia juga pernah mengangkut Panda dengan penanganan khusus dari Chengdu, China ke Jakarta pada september 2017 lalu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com