Dewan Komisaris Garuda Sudah Tunjuk Plt Direksi

Kompas.com - 07/12/2019, 15:00 WIB
Konferensi pers dewan komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (KOMPAS100: GIAA) di Jakarta, Sabtu (7/12/2019). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAKonferensi pers dewan komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (KOMPAS100: GIAA) di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (KOMPAS100: GIAA) memberhentikan sementara jajaran direksi yang terlibat dalam kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam penerbangan GA 9721 seri pesawat Airbus A330-900 neo dari pabriknya di Prancis.

Komisaris Utama Garuda Sahala Lumban Gaol mengatakan bakal segera menunjuk pelaksana tugas (Plt) direksi yang diberhentikan sementara tersebut.

"Lagi dibahas posisi terbaik, nanti sudah ada," ujar dia di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Keputusan memberhentikan direksi Garuda yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses penyelundupan tersebut berdasarkan hasil pertemuan seluruh dewan komisaris dengan Menteri BUMN Erick Thohir pagi ini.

Namun demikian, Sahala enggan mengungkapkan nama dari direktur-direktur tersebut.

"Saya sudah sampaikan anggota direksi yang terindikasi terlibat langsung maupun tidak langsung," jelas dia.

Adapun dalam daftar manifes penumpang, selain Ari Askhara terdapat tiga direksi lain yang turut serta dalam penerbangan dari Toulouse ke Cengkareng tersebut, yaitu yakni Iwan Joeniarto, Muhammad Iqbal, dan Heri Akhyar.

Saat ini, komite audit maskapai penerbangan pelat merah itu masih melakukan investigasi lanjutan dari kasus penyelundupan.

Dengan demikian, ketetapan status keterlibatan jajaran direksi Garuda masih menunggu hasil akhir dari komite audit.

"Komite audit PT Garuda Indonesia tetap melakukan investigasi lanjutan terhaadap kasus tersebut," ujar dia.

Adapun hari ini, Erick Thohir melakukan pertemuan dengan seluruh dewan komisaris Garuda, yaitu komisaris tersebut adalah Komisaris Utama Sahala Lumban Gaol, Komisaris Independen Herbert Timbo P. Siahaan, Komisaris Independen Insmerda Lebang, Komisaris Independen Eddy Porwanto Poo, dan Komisaris Chairal Tanjung.

Selain itu, ketika melakukan keterangan pers hadir pula Plt Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal dan Direktur Niaga Garuda Pikri Ilham Kurniansyah.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X