Nasabah asal Korea jadi Korban Jiwasraya, Ini Penjelasan Bank KEB Hana

Kompas.com - 07/12/2019, 15:21 WIB
Ilustrasi Jiwasraya KONTAN/Cheppy A. MuchlisIlustrasi Jiwasraya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus gagal bayar polis asuransi dari Jiwasraya merugikan para pemegang polis. Pasalnya hingga saat ini, pembayaran polis-polis tersebut belum menemukan titik temu.

Kasus gagal bayarnya asuransi Jiwasraya membuat Bank KEB Hana buka suara. Sebab, Bank KEB Hana merupakan salah satu Bank yang menawarkan polis asuransi Jiwasraya kepada nasabah-nasabahnya, terutama ekspatriat asal Korea Selatan.

Pihak Bank KEB Hana menjelaskan, model kerja sama bank dengan Jiwasraya merupakan model bisnis Kerja Sama Referensi Tidak Dalam Rangka Produk Bank.

Artinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan polis asuransi, nasabah Bank KEB Hana yang menjadi pemegang polis menjadi tanggung jawab Jiwasraya.

"Selain itu, Bank KEB Hana Indonesia telah menerapkan prinsip kehati-hatian (prudential banking principle) sesuai dengan aturan yang diterapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," tulis Bank KEB Hana dalam siaran pers, Sabtu (7/12/2019).

Kendati demikian sebagai bank penjual produk JS Saving Plan milik Jiwasraya, Bank KEB Hana akan terus melindungi kepentingan dana masyarakat. Caranya dengan membantu menjadi perantara bagi para nasabah pemegang polis dengan Jiwasraya.

"Sebagai bank mitra pemberi rujukan produk bernama JS Saving Plan tersebut, Bank KEB Hana tidak akan tinggal diam dan tetap melakukan upaya terbaik bagi para nasabah," tegasnya.

Hingga saat ini, belum ada informasi batas waktu pembayaran dari Jiwasraya. Bila memang telah ada informasi, Bank KEB Hana berkomitmen akan secara intensif memberikan informasi terkini kepada nasabah.

Tak hanya itu, Bank KEB Hana juga meminta maaf kepada seluruh nasabah yang menjadi korban dalam peristiwa gagal bayarnya Jiwasraya.

"Untuk itu, perusahaan akan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan permasalahan dan memberikan solusi terbaik kepada para nasabah pemegang polis," tuturnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X