Mendag: Pengajuan Izin Pedagang E-Commerce Tidak Dipungut Biaya Sepeserpun

Kompas.com - 09/12/2019, 13:24 WIB
Mendag Agus Suparmanto saat bertemu wartawan Rina Ayu LarasatiMendag Agus Suparmanto saat bertemu wartawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan semua pelaku usaha yang mendaftarkan izin usaha tidak dikenakan pungutan apapun.

Sebab, pemerintah tengah membuat formulasi untuk mempermudah perizinan usaha bagi pelaku usaha yang berjualan di platform e-commerce.

"Itu semua online tidak ada pungutan. Semua izin ini lagi kita mudahkan. Tidak ada pungutan, dan dipercepat. Sesuai arahan Pak Presiden dimudahkan terutama kaitannya dengan ekspor. Saya sudah bilang akan dipermudah," kata Agus Suparmanto di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Agus mengimbau, pelaku usaha yang mengajukan izin segera melapor bila ada kesulitan dan diminta melakukan pembayaran kepada pihak-pihak tertentu. Nantinya, pihak-pihak tersebut akan dikenakan sanksi bila terbukti bersalah.

"Sanksinya ada aturannya dalam KUHP. Itu bagian daripada sanksi yang akan kita layangkan. Jadi apabila ada kesulitan tolong dilaporkan," imbau Agus.

Baca juga : PP e-Commerce Wajibkan Izin Usaha, Mendag Bakal Prioritaskan UMKM

Untuk mempermudah, Kementerian Perdagangan akan mengatur mekanisme pelaporan, pengajuan izin, dan tenggat waktu perantara dalam Peraturan Menteri (Permen) yang merupakan produk turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019.

"Nanti akan kita atur dalam aturan Permennya. Disitu akan jelas. apabila ada pertanyaan, tanyakan ke kami," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah mewajibkan semua pelaku usaha yang berjualan di platform e-commerce harus memiliki izin usaha. Beleid ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Pengajuan izinnya akan memanfaatkan sistem Online Single Submission (OSS) sehingga tak perlu datang langsung ke kementerian. Kemudahan lainnya, pelaku usaha tak diminta uang sepeserpun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X