Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Buka Peluang Turunkan Suku Bunga pada Awal 2020

Kompas.com - 09/12/2019, 14:33 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memastikan adanya peluang penurunan suku bunga acuan 7 days reverse repo rate (7DRRR) yang akan terjadi pada awal 2020 mendatang.

Menurutnya, arah kebijakan moneter BI akan tetap akomodatif pada 2020, terutama dalam hal penurunan suku bunga tersebut.

"Apakah suku bunga masih turun atau enggak ini tergantung datanya. Bila diturunkan, ya akan diturunkan," ujar Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Monete BI Endy Dwi Tjahjana di Labuan Bajo, NTT, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Mendag: Semua Pedagang E-Commerce Mesti Punya Izin Usaha

BI memastikan kebijakan moneter juga konsisten dengan perkiraan inflasi yang terkendali dalam kisaran target, stabilitas eksternal yang terjaga, serta upaya untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah perekonomian global yang melambat.

"Tapi start-nya masih moderat. Tapi tidak hanya moneter, kami dorong digitalisasi," kata dia.

Sebelumnya dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) 20-21 November 2019, BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga mereka pada level 5,00 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25 persen, dan suku bunga Lending Facility 5,75 persen.

Baca juga: Awak Kabin Garuda Adukan Dosa-dosa Ari Askhara ke Erick Thohir

Namun, untuk keseluruhan tahun ini, BI telah menurunkan suku bunganya sebanyak 4 kali.

BI juga memutuskan untuk menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) rupiah untuk bank umum konvensional dan bank umum syariah/unit usaha syariah sebesar 50 basis poin (bps) sehingga masing-masing menjadi 5,5 persen dan 4,0 persen, dengan GWM rata-rata masing-masing tetap sebesar 3,0 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com