Akulaku Bidik Pembiayaan Rp 6 Triliun pada 2020

Kompas.com - 11/12/2019, 07:00 WIB
Dirut Akulaku Efrinal Sinaga KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIDirut Akulaku Efrinal Sinaga

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan multifinance Akulaku Finance membidik pembiayaan mencapai Rp 6 triliun pada 2020. Target ini lebih besar dari 2019 yang hanya sekitar Rp 4 triliun.

Direktur Akulaku Finance Efrinal Sinaga menyampaikan, dengan target pembiayaan Rp 6 triliun itu, pihaknya akan mencoba masuk ke segmen pinjaman online untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Intinya adalah kami akan masuk ke UMKM, syukur-syukur nanti kalau memungkinkan kami masuk ke petani dan nelayan begitu, tapi untuk sekarang fokusnya ke merchant yang berbasis online dulu," ucapnya saat berada di acara Year End Media Gathering Akulaku di Restoran Kaum, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Akulaku Berencana Rambah Pasar Kredit UMKM dan Car Loan

Efrinal melanjutkan, saat ini setidaknya ada 120.000 pedagang online di e-commmerce Akulaku. Tahun depan para pemilik toko di e-commerce Akulaku diharapkan bisa mengembangkan bisnisnya melalui pinjaman yang disediakan.

Saat ini nasabah Akulaku masih terpusat di Pulau Jawa.

"Kami akan perluas area pembiayaan di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Kami juga akan melakukan edukasi literasi keuangan," kata Efrinal.

Baca juga: INDEF: Pinjaman Online Sumbang Rp 60 Triliun ke Ekonomi Indonesia

Sebelumnya, Direktur of Corporate Affairs dan Public Relations Akulaku Indonesia Anggie Setia Ariningsih sempat mengatakan, layanan kredit online Akulaku banyak diserbu pengguna. Bahkan lebih dari 1 juta ibu-ibu kerap membeli kebutuhan rumah tangganya melalui cicilan Akulaku.

Adapun lima kategori yang paling banyak dibeli secara berturut-turut adalah elektronik, kebutuhan rumah tangga, fashion, kebutuhan bayi dan anak, serta layanan virtual.

Baca juga: Agar Tak Terjerat Pinjaman Online Ilegal, Pinjam Hanya untuk Kegiatan Produktif

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X