Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Agar Bonus Akhir Tahun Anda Bermanfaat dan Tak Numpang Lewat

Kompas.com - 11/12/2019, 08:10 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, banyak perusahaan yang kerap memberikan bonus kepada karyawannya. 

Besaran bonus di setiap perusahaan tentu berbeda. Ada yang satu kali lipat dari gaji pokok, ada juga yang dua kali lipat, bahkan tiga kali lipatnya.

Namun tentu sayang sekali bila Anda menghabiskan bonus dengan percuma, alias numpang lewat. Agar bonus Anda tidak habis dengan percuma, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Baca juga: Susi Pudjiastuti soal Ekspor Benih Lobster: Astagfirullah, Tak Boleh Kita Kufur...

Apa saja? berikut 4 langkah agar bonus akhir tahun bermanfaat dan tak numpang lewat:

1. Investasi

Tujuan investasi pada dasarnya adalah mendapatkan untung lebih besar dari yang anda keluarkan. Investasi juga bermacam jenis seperti investasi deposito, investasi saham ataupun investasi emas.

Business Development Director Lakuemas Junior Sambyanto mengusulkan investasi yang paling cocok adalah emas. Karena resiko terkena resesi investasi emas sangat sedikit.

Baca juga: Erick Thohir Akan Lebur Bisnis Sampingan BUMN, dari Hotel hingga Rumah Sakit

"Karena emas itu dalam bentuk barang jadi resiko resesi ya sedikit dan perlu diingat untuk membeli emas harus menggunakan sertifikat," ujarnya saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Jumat (29/10/2019).

2. Lunasi Utang

Dengan cairnya tunjangan bonus anda dapat memanfaatkan momen ini untuk melunasi utang. Kalaupun bonus tidak cukup untuk melunasi utang sebaiknya anda dapat mencicilnya.

Baca juga: Kementan Bantah Banyak Sapi Indukan Mati dan Malnutrisi

3. Menabunglah

Jika anda merasa bonus yang anda dapatkan berlebih dan sudah membeli semua kebutuhan, tidak ada salahnya mengalokasikan bonus ke dalam tabungan. Hitung-hitung saat membutuhkan dana dalam waktu yang kepepet, anda dapat menggunakan sebagian tabungan tersebut.

4. Beri hadiah untuk anda sendiri

Tak ada salahnya memberi hadiah atas perjuangan anda bekerja selama setahun ini, hitung-hitung menyenangkan dan memotivasi diri untuk bekerja lebih baik di tahun depan.

Beli barang yang anda sukai atau anda bisa gunakan untuk hobi anda, termasuk berlibur. Disarankan untuk membeli barang yang bermanfaat atau liburan dengan harga terjangkau.

Baca juga: Harbolnas 2019, Ini Promo-promo di Shopee

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com