Dibuka Melemah, Ini Proyeksi Rupiah Hari Ini

Kompas.com - 11/12/2019, 09:51 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot pada Rabu (11/12/2019) kembali mengalami pelemahan.

Mengutip data RTI pada pukul 09.32 WIB, rupiah dibuka melemah pada Rp 14.035 per dollar AS atau turun 10 poin sebesar 0,07 persen dibanding penutupan Selasa pada level Rp 14.025 per dollar AS.

Baca juga: Cara Mengajukan Sanggahan Jika Gagal Seleksi Administrasi CPNS 2019

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memproyeksikan sepanjang hari ini rupiah akan bergerak secara terbatas akibat rencana AS yang ingin menunda penerapan tarif dagang pada 15 Desember 2019 mendatang jika kesepakatan dagang dengan China tidak tercapai.

"Rupiah mungkin akan bergerak pada kisaran sempit hari ini. Kabar dari WSJ memyebut AS akan menunda penerapan tarif tanggal 15 Desember," kata Ariston kepada Kompas.com.

Namun sayangnya kabar ini dibantah oleh penasehat ekonomi AS Larry Hudlow. Larry menyebut hingga kini pihaknya belum bisa mengkonfirmasi hal tersebut.

Baca juga: Ahok: Saya Yakin Bisa Membawa Pertamina Jadi Perusahaan Kelas Dunia

"Hal ini menyebabkan kesepakatan dagang masih menjadi tanda tanya," ujar Ariston.

Disisi lain, pasar akan menantikan hasil keputusan bank sentral AS terkait potensi kebijakan selanjutnya yang dijadwalkan akan dirilis siang ini, waktu setempat.

Ariston memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.390 per dollar AS sampai dengan Rp14.050 per dollar AS.

Baca juga: Kembali Menguat, Rupiah Pagi Berada di Bawah Rp 14.000 Per Dollar AS

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X