Libatkan Investor, Mandiri Ingin Suntik Dana Lebih Besar untuk Startup

Kompas.com - 11/12/2019, 15:39 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melalui anak usahanya, yakni Mandiri Capital Indonesia (MCI) berencana menyuntikkan modal lebih besar kepada perusahaan rintisan (startup) pada 2020.

Senior Executive Vice President Coprorate Transformation Office Bank Mandiri Pantro Pander Silitonga mengatakan, penyuntikkan modal lebih besar itu bisa ditempuh dengan membuat pendanaan ventura (venture fund) gabungan dari berbagai investor.

Disinyalir, patungan pendanaan akan membuat modal meningkat hingga Rp 500 miliar. Begitu pun peluang bagi startup baru untuk menjadi bagian dari 13 startup yang telah mendapat pendanaan dari MCI.

"Jadi tuh (selama ini) sepenuhnya dari Mandiri yang disalurkan melalui MCI. Ke depannya kita akan buat venture fund. Jadi venture fund itu bukan dari Mandiri saja, tapi juga investor lain. Nah, di situ kita targetkan ada rising fund sekitar Rp 500 miliar," kata Pantro di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Baca juga: Rintis Startup? Simak Tips Mendapat Suntikan Dana dari Mandiri Capital

Pantro menuturkan, patungan pendanaan ini disambut baik oleh para investor.

Terbukti sebanyak 4 investor sudah tertarik ambil bagian dalam program patungan venture fund itu. Investor berasal dari dalam maupun luar negeri.

"Dari luar sudah tertarik. Ada dari Jepang yang juga tertarik masuk ke dunia startup Indonesia, kita fasilitasi. Dengan venture fund ini kan dananya masuk ke startup Indonesia," tutur Pantro.

Dengan adanya patungan pendanaan, kata Pantro, Mandiri Capital berencana menyuntikkan dana kembali sebesar Rp 1 triliun. Dana itu terdiri dari Rp 500 miliar carry over, dan Rp 500 miliar dari patungan investor.

"Yang dari venture fund kita targetkan sekitar Rp 500 miliar juga. Total hampir Rp 1 triliun sampai tahun depan," pungkas Pantro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.