"Pertamina Salah Satu Kasir Paling Besar BUMN"

Kompas.com - 12/12/2019, 15:25 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. SHUTTERSTOCK/Joachim AffeldtIlustrasi logo Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri I BUMN Budi Gunadi Sadikin mengatakan, PT Pertamina (Persero) merupakan salah satu perusahaan penyumbang dividen paling besar untuk negara.

Bahkan, mantan Direktur Utama PT Inalum itu berseloroh bahwa Pertamina merupakan kasir negara.

"Jadi, kalau ditanya, dividen Bu Nicke (Dirut Pertamina), Ibu Nicke salah satu kasir paling besar BUMN karena setorannya juga paling besar," ujar Budi di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Budi menjelaskan, EBITDA atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi Pertamina pada 2019 sebesar 9 miliar dollar AS.

Baca juga: Luhut: Ahok Cocok di Pertamina karena di Situ Sumber Kekacauan

Menurut dia, angka tersebut lebih besar ketimbang perusahaan pelat merah lainnya.

" Keuangan Pertamina bagus. Tahun lalu 9 miliar dollar AS EBITDA-nya. Itu besar sekali. Freeport saja (EBITDA-nya) 4 miliar dollar AS," kata Budi.

Atas dasar itu, Budi tak khawatir keuangan Pertamina akan terganggu jika harus berinvestasi di beberapa proyek strategis. Misalnya, dengan berinvestasi untuk pembangunan kilang dan industri petrokimia.

"Jadi kemampuan keuangannya (Pertamina) sangat enggak ada masalah untuk investasi sebesar ini masih mampu," ucap dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X