Profil Mahaka, Perusahaan Erick Thohir yang Disebut Ada Proyek di Garuda

Kompas.com - 13/12/2019, 11:34 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir usai laporan kepada Menkopolhukam Mahfud MD di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariMenteri BUMN Erick Thohir usai laporan kepada Menkopolhukam Mahfud MD di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus penyelundupan komponen motor gede (moge) Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton berbuntut panjang.

Kasus yang menyeret eks Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, juga menyeret internal Garuda seperti pramugari hingga anak perusahaan.

Bak bola salju, kisruh Garuda juga bergulir dan mulai menyeret nama Menteri BUMN Erick Thohir. Perusahaan yang dimilikinya, PT Mahaka Media Tbk, disebut-sebut menguasai proyek di Garuda Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com dari laman resmi Mahaka Media, profil perusahaan ini merupakan holding yang membawahi unit-unit bisnis media surat kabar dan online, radio, percetakan, penerbitan, dan marketing.

Grup usaha yang berkantor di Sahid Office Boutique Blok G, Jalan Sudirman Jakarta ini awalnya bernama PT Abdi Bangsa Tbk.

Tahun 2003, Mahaka Media meluncurkan Harian Republika, koran nasional pertama yang berbasiskan komunitas muslim.

Baca juga: Melonjak 190 Persen, Saham Mahaka Disuspensi

Kemudian pada April 2003, perusahaan melakukan langkah strategis dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ), membuatnya jadi perusahaan koran pertama yang menjadi perusahaan publik.

PT Abdi Bangsa Tbk mulai mengawali perkembangan bisnisnya sebagai induk usaha dari PT Pusataka Multimedia dan PT Republika Media Mandiri.

Mahaka Media terbilang ekspansif melebarkan sayapnya di industri media. Perseroan mengakuisisi seluruh kepemilikan PT Indopac Usaha Prima yang memiliki saham di PT Media Golfindo yang memiliki lisensi Majalah Golf Digest.

Perusahaan lain yang terafiliasi ke Indopac yakni PT Mahaka Visual Indonesia yang bergerak di usaha perfilman, dan PT Avabanindo Perkasa yang memiliki lini bisnis media iklan di luar ruangan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X