Jaga E-Commerce Indonesia dari Serbuan Barang Impor, Indonesia Bisa Belajar ke China

Kompas.com - 13/12/2019, 13:02 WIB
Ilustrasi E-commerce SHUTTERSTOCKIlustrasi E-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meminta pemerintah untuk mengurangi impor barang yang terjadi melalui e-commece. Hal ini bisa dilakukan dengan mengadopsi konsep Taobao Village yang mana mengembangkan konsep e-commerce ke pelosok daerah.

"Untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasar domestik, maka pemerintah Indonesia bisa mengadopsi konsep e-commerce di China yang diberi nama taobao village," kata Peneliti di pusat penelitian ekonomi LIPI Nika Pranata di LIPI Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Nika menyebut, saat ini barang-barang di e-commece Indonesia mayoritas produk impor. Hal ini menjadi ancaman bagi industri dalam negeri yang berpotensi gulung tikar jika tak mampu bersaing.

Baca juga: Catat Promo yang Ditawarkan E-Commerce di Harbolnas 12.12

Di sisi lain, Nika menyebut Taobao Village memang memiliki barang impor. Namun produk impor itu hanya sedikit dan tidak mengancam kondisi market place domestik mereka.

Untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasar domestik, maka pemerintah Indoneaia bisa mengadopsi konsep e-commerce di China yang diberi nama taobao village

"Pembelajaran e-commerce di China, tim peneliti merumuskan beberapa rekomendasi kebijakan dalam rangka melindungi prosuden dan penjual online Indonesia. Dirjen bea dan cukai perlu mengenakan PPN sebesar 10 persen kepada semua barang impor berapapun nilai transaksinya," kata Nika.

Taobao village terbukti mampu mempercepat pertumbuhan ekonomo pedesaan dan menyerap banyak tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan.

"Pemerintah bisa melakukan hal yang sama serupa dengan menggandeng marketplace dan pemerintah daerah," ujarnya.

Baca juga: Terus Tumbuh Signifikan, Begini Masa Depan E-Commerce di Indonesia



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X