Ditanya Soal Jenis Rumput Laut, Menteri Edhy Malah Mencontek

Kompas.com - 13/12/2019, 13:18 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo (paling kanan) saat berfoto bersama stakeholder usai acara Marine and Fisheries Business Investment Forum (MFBIF) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAMenteri KKP Edhy Prabowo (paling kanan) saat berfoto bersama stakeholder usai acara Marine and Fisheries Business Investment Forum (MFBIF) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada momen lucu saat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tengah mendengarkan keluhan para gubernur, pemerintah daerah, pelaku usaha, dan asosiasi kelautan perikanan di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Pelaku usaha itu mengeluhkan banyak hal, mulai dari perizinan kapal, keramba jaring apung, hingga budidaya rumput laut. Keluhan-keluhan itu ditampung dan dicatat Edhy dalam sebuah kertas.

Menariknya, seorang wanita dari komunitas rumput laut justru menantang Edhy untuk menyebutkan tiga jenis rumput laut alih-alih menyampaikan keluhan.

Baca juga: Edhy Prabowo: Bagi yang Tak Setuju Ekspor Benih Lobster, Oke Kita Hormati

Dia meminta Edhy untuk menjawab tanpa mencontek alias bertanya kepada Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Agus Suherman yang saat itu duduk di samping Edhy di atas panggung.

Merasa ditantang, Edhy menjawabnya dengan menyebutkan dua jenis rumput laut, yakni gracilaria dan rhodophyta (alga merah). Namun, saat hendak menjawab nama rumput laut ketiga, Edhy lantas melihat kertas di tangannya. Sontak seluruh isi ruangan riuh menyebutkan Edhy mencontek.

"Yang ketiga alga hijau. Ini kan saya menghafal, nyatet. Masa enggak boleh nyatet," seloroh Edhy yang disambut tawa di JCC, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Setelah berhasil menjawab, Edhy pun diberi hadiah berupa rumput laut yang kerap disebut anggur laut karena kekenyalan dan kelezatannya.

"Gila, menteri pagi-pagi sudah diuji di depan umum," kata Edhy lagi.

Setelah diberi hadiah, Edhy mengaku tak hanya sekali diberi anggur laut. Saat dia kunjungan dinas ke Aceh di Komisi IV DPR RI, beberapa orang menyarankan Edhy untuk mencoba anggur laut.

"Akhirnya saya coba, saya makan langsung dari akuariumnya karena ada yang bilang anggur laut itu obat. Jadi saya coba. Ternyata enak rasanya," pungkas Edhy.

Sebagai informasi, Edhy Prabowo datang ke JCC untuk berdialog dalam acara Marine and Fisheries Business Investment Forum (MFBIF) sekaligus diskusi bersama stakeholders PDSPKP.

MFBIF merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Puncak Peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 Tahun 2019. Stakeholders PDSPKP yang hadir, antara lain pelaku usaha perikanan, asosiasi, mitra Gemarikan, K/L terkait, dan Dinas Kelautan Perikanan Provinsi/Kabupaten/Kota.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X