Peserta Membeludak, Simulasi CAT CPNS di Sarinah Pindah ke Monas

Kompas.com - 13/12/2019, 16:46 WIB
Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017). KOMPAS/RADITYA HELABUMIPara peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan simulasi Computer Asisstance Test (CAT) oleh para pelamar CPNS yang membludak. Hal itu membuat Badan Kepegawaian Nasional ( BKN) Kantor Regional V akan melaksanakan simulasi CAT di Monas.

Kepala Kantor Regional 5 BKN Jakarta, Bajoe Loedi menyebutkan sebelumya simulasi akan dilakukan di Sarinah, namun kapasitas yang sangat terbatas membuat lokasi bergser ke Monas.

"Karena kapasitasnya besar kemarin (di Sarinah) kan ada 30 peserta (10 kali termin) ini kita besarkan menjadi 100 peserta (8-9 kali termin), makanya di Sarinah enggak muat kita pindah ke Monas," kata Bajoe kepada Kompas.com, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Simulasi CAT CPNS Akan Digelar di Kota Mataram NTB dan Serang Banten

Melalui unggahan Facebook Kanreg V, simulasi CAT akan dilakukan di CFD Silang Monas Barat Daya saat Car Free Day (CFD) pada Minggu 15 Desember 2019 pukul 6.00 Wib sampai pukul 11.00 Wib dengan kuota sampai dengan maksimum 900 orang.

"Kemarin itu simulasi pertama di Sarinah, estimasi kita 300 orang daftar datang 330 orang. Itu bahkan dari pagi sudah dipotong, kalau tidak bisa sampai sore, karena ijinnya sampai jam 11.00 Wib dan kita harus sudah harus bongkar (perlatan simulasi)," ungkapnya.

Alasan pemilihan Monas sebagai tempat simulasi, selain lokasinya besar yang mampu menampung ratusan peserta. Monas juga lebih fleksibel jika nanti jumlah peserta diluar ekspektasi.

Selanjutnya, Bajoe menyebut mayoritas peserta simulasi adlaah dari Jabodetabek. Namun tidak menutup kemungkinan diluar Jabodetabek bisa ikut simulasi CAT ini.

"Kemarin itu ada juga dari Ambon, pas mereka lagi di Jakarta. Siapaun boleh ikut selama datangnya cepat, jangan kesiangan," tutup Bajoe.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X