Kemenhub Investigasi Insiden 2 Pesawat Garuda Saling Berhadapan

Kompas.com - 14/12/2019, 09:30 WIB
Pesawat Garuda Indonesia Dok. Humas Kementerian PariwisataPesawat Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaluiDirektorat Jenderal Perhubungan Udara, akan melakukan investigasi lebih lanjut pasca insiden 2 pesawat Maskapai Garuda Indonesia saling berhadapan (head on) pada satu taxiway di Bandara Soekarno Hatta, pada Kamis (12/12/2019).

Dalam siaren pers pada Jumat (13/12/2019) malam, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan akan memanggil pilot dan petugas ATC yang bertugas.

Insiden 2 moncong pesawat Garuda Indonesia saling berhadapan terjadi lantaran adanya kesalahan masuk ke taxiway. Dua pesawat Garuda Indonesia tersebut yakni GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR.

Baca juga: Garuda Indonesia Akui Insiden Pesawat Berhadapan Karena Kesalahan Pilot

Kemenhub mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, kronologi sementara, GA-649 landing pada Runway RWY07L dan diarahkan oleh petugas ATC untuk masuk ke NC4 dan NP1, kemudian holdshort pada NC3.

Namun pilot masuk ke NP2. Padahal di saat yang bersamaan, pesawat Garuda Indonesia GA-264 telah berada di Taxiway NP2, sehingga menyebabkan kedua pesawat tersebut berada pada kondisi berhadapan (head on).

Kemenhub memastikan, operasional penerbangan di Bandar Udara Soekarno Hatta tidak terganggu pasca insiden Taxiway Incursion (head On).

 

Baca juga: Promo Jelang Natal, Hypermart Banjir Diskon Hingga 25 Persen

“Dapat dipastikan, operasional penerbangan, pasca insiden salah taxi atau head on pesawat Garuda Indonesia, tidak terganggu. Saat ini, kami sedang meminta data dan melakukan investigasi lanjut,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta Herson.

Pasca kejadian tersebut, pesawat GA-649 dilakukan towing keluar dari taxiway hingga operasional bandar udara berjalan normal. Menurut Kemenhub, tak terjadi kerusakan apapun pada kedua pesawat dan seluruh penumpang selamat.

Baca juga: GoPay Latih Ribuan Pengusaha UMKM di Medan



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X