Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Juga Masuk Bisnis Properti, Ini Deretan Proyeknya

Kompas.com - 14/12/2019, 13:40 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir tengah melakukan pembenahan pada beberapa anak dan cucu perusahaan milik negara. Salah satu yang disasarnya yakni PT Pertamina (Persero).

Perusahaan migas pelat merah ini jadi sorotan karena memiliki anak cucu perusahaan yang terbilang gemuk, jumlahnya mencapai 142 perusahaan.

Banyak bisnis anak usaha Pertamina ini tak berkaitan dengan lini bisnis utamanya yakni usaha hulu dan hilir migas.

Bisnis anak usaha Pertamina yang berada di luar sektor energi sangat beragam dari mulai rumah sakit, hotel, bandara, maskapai penerbangan, properti, asuransi, hingga minimarket.

Usaha di luar sektor migas didasari karena perusahaan perlu memaksimalkan asetnya, terutama tanah.

Baca juga: Jangan Kaget, Pertamina Juga Punya Bisnis Cuci Mobil

Properti jadi satu dari sekian banyak usaha yang juga relatif cukup ekspansif yang digarap anak usaha Pertamina, PT Patra Jasa. Perusahaan ini sebenarnya bukan pendatang baru di dunia properti. Patra Jasa telah puluhan tahun mengelola hunian elit (residential) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 

Berikut deretan apartemen mewah dan properti lainnya garapan Patra Jasa di sejumlah daerah di Indonesia yang dirangkum dari laman resmi Patra Jasa.

Patraland Amarta

Hunian mewah ini berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Mudal, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Apartemen ini menawarkan kelas hunian yang beragam mulai dari studio, satu kamar, hingga tipe premium yang memiliki dua kamar tidur.

Di apartemen ini, Patra Jasa menawarkan konsep harmoni desain modern dengan sentuhan tradisional Jawa dan menawarkan pemandangan Gunung Merapi. Harga unitnya ditawarkan mulai dari Rp 600 juta.

Patraland Urbano

Properti garaoan Patrajasa ini berada di Kota Bekasi dengan konsep mendekatkan diri dengan transportasi publik atau Transit Oriented Development (TOD).

Lokasinya terbilang strategis karena berada di jantung Kota Bekasi dan berada hanya selemparan batu dari Stasiun Bekasi.

Apartemen menawarkan 3 unit yakni studio, 1 kamar, dan dua kamar dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 600 juta.

Patraland Soho

Soho Patra Park Cirebon merupakan proyek superblok di Cirebon. Berada di atas lahan seluas 43.000 meter persegi, area ini menyatukan hotel bintang 4, gedung pendukung, fasilitas publik, dan area komersial.

Patra Park Cirebon dibangun di lokasi yang sangat strategis di Kota Rebon tersebut, tepatnya berada di Jalan Tuparev Kota Cirebon.

Perumahan Puri Jayasri

Di luar apartemen, Pertamina lewat Patra Jasa juga melakukan penetrasi bisnis properti sebagai pengembang perumahan di Serpong. Sebagai pendatang baru, perusahaan telah menyelesaikan pembangunan Puri Jayasri Housing Complex sebagai proyek pertamanya yang unitnya terjual habis pada 2017.

Baca juga: Bersih-bersih BUMN, Erick Thohir Temukan 142 Anak Cucu Pertamina

Sementara itu, Patra Jasa juga tengah menggarap proyek properti lainnya seperti Patra Comfort Dumai dan Arkananta Apartemen.

Selain apartemen dan perumahan, Pertamina juga memiliki bisnis hotel yang masih dikelola oleh PT Patra Jasa. Bukan sembarang hotel, jaringan hotel anak perusahaan ini terbilang cukup besar dengan kelas hotel bintang 4 dan 5.

Beberapa hotel yang dikelola Pertamina antara lain The Patra Bali Resort & Villas, Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, dan Patra Comfort Parapat Lake Resort.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com