Ingin Berkeliling Dunia Tanpa Bangkrut? Simak Tips Ini

Kompas.com - 16/12/2019, 12:05 WIB
Ilustrasi liburan maxsafIlustrasi liburan

NEW YORK, KOMPAS.com - Bepergian dan tinggal di luar negeri adalah sebuah hal yang mengasyikkan. Namun jamgan sampai hal ini membuat Anda terlilit utang dan berujung pada kebangkrutan.

Melansir CNN, Senin (16/12/2019) ada cara untuk menjelajahi dunia tanpa harus mengorbankan karier atau tujuan finansial Anda.

"Jika Anda ingin menjadi penjelajah global, Anda harus memiliki pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana saja, memiliki cukup tabungan untuk ongkos hidup, atau mempunyai keterampilan seni yang bisa memberikan Anda pendapatan selama traveling," kata Joseph Bautista, penasihat keuangan dari Grow With Joe.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Kartu Kredit buat Liburan agar Untung Banyak

Joseph mengatakan, dengan mengurangi pengeluaran dan berhemat, maka sembari berjalan, Anda juga bisa mencari pendapatan saat berlibur. Ini sekaligus mengurangi potensi kebangkutan finansial Anda.

Adapun hal yang bisa Anda lakukan dalam menekan biaya pengeluaran, misalkan melakukan pekerjaan secara remote atau jarak jauh. Selain itu Anda juga bisa bekerja freelance sembari berlibur.

Namun, jika pekerjaan Anda bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan dari jarak jauh, maka Anda penghasilan Anda untuk traveling akan berkurang.

"Anda dapat mengambil pekerjaan kontrak atau freelance di bidang Anda untuk membayar perjalanan saat Anda pergi," sebutnya.

Baca juga: Simak, Tips Batasi Biaya Liburan untuk Milenial

Lisa Mesquit, seorang analis keuangan charter di Soaring Investment Management menyebut biaya perjalanan berkeliling dunia sangat mahal dan ini penting untuk dipersiapkan.

"Sering juga, para pelancong melakukan traveling dengan anggaran yang ada tanpa perlu berhutang. Namun mereka mungkin tidak sadar pendapatan dan investasi mereka akan hilang," katanya.

Kehilangan, tabungan, pendapatan dan investasi secara keseluruhan adalah hal yang sulit. Namun dengan mulai kembali bekerja baik freelance atau remote akan menyelamatkan problem finansial Anda saat memutuskan ingin berkeliling dunia.

Baca juga: Mau Liburan? Ini Pentingnya Punya Asuransi Perjalanan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X