Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Bank Mandiri Siapkan Tunai Rp 33,5 Triliun

Kompas.com - 16/12/2019, 13:04 WIB
Direktur Consumer and Retail Transactions Bank Mandiri Hery Gunardi menjelaskan kepada awak media, di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (16/12/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIDirektur Consumer and Retail Transactions Bank Mandiri Hery Gunardi menjelaskan kepada awak media, di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (16/12/2019).

JAKARTA. KOMPAS.com - Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp 33,5 triliun atau sekitar Rp 1,1 triliun per hari untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26 persen dibandingkan periode normal. Dari besaran tersebut, Bank Mandiri mengalokasikan sekitar 85 persen untuk kebutuhan dana di mesin ATM, sedangkan 15 persen untuk kebutuhan dl kantor cabang.

"Intensitasnya akan meningkat saat-saat mendekati Natal 23, 24 Desember 2019 dan juga akhir tahun 31 Desember. Dari Rp 33,5 triliun, 85 persen akan terserap uang cash yang ada di mesin-mesin ATM," kata Direktur Consumer and Retail Transactions Bank Mandiri Hery Gunardi di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Baca juga: Simak, Jadwal Operasional BI Saat Periode Libur Natal dan Tahun Baru

Saat ini, Bank Mandiri memiliki 18.291 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

"Biasanya, kalau kejadian cabang tutup, transaksi beralih ke elektronik. Kalau misalnya membayar tagihan dan cicilan bisa lewat mandiri online atau ATM juga bisa, nggak perlu cash lagi," ucapnya.

Lebih lanjut, Herry mengatakan, mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, sejak tanggal 9 Desember sampai dengan 31 Desember 2019, Bank Mandiri akan melakukan optimalisasi limit pengisian ATM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Langkah ini akan dilengkapi dengan penerapan sistem monitoring kecukupan uang dan operasional mesin-mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Di samping jaringan ATM, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

Baca juga: Promo Jelang Natal, Hypermart Banjir Diskon Hingga 25 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.