KILAS

BPH Migas Minta Digitalisasi Nozel Dilengkapi Identifikasi Konsumen

Kompas.com - 16/12/2019, 15:42 WIB
Hingga 12 Desember 2019, sudah 2.539 terealisasi Digitalisasi Nozzle. DOK. Humas BPH MigasHingga 12 Desember 2019, sudah 2.539 terealisasi Digitalisasi Nozzle.

KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginstruksikan PT Pertamina (Persero) untuk segera mencatat penjualan Jenis BBM Tertentu (JBT) melalui Digitalisasi Nozel.

Permintaan Menteri ESDM tersebut dituangkan Melalui Surat Nomor 2548/10/MEM.S/2018 tanggal 22 Maret 2018.

Digitalisasi Nozel merupakan program sinergi BUMN dalam meningkatkan pengawasan BBM bersubsidi (minyak solar) dan BBM penugasan (premium) melalui pencatatan elektronik.

Pencatatan elektronik itu diperlukan karena dapat mengidentifikasi penggunaan dan penyaluran di titik serah penyalur (ujung nozel) oleh badan usaha pelaksana.

Baca juga: Digitalisasi Nozzle, Data SPBU Se-Indonesia Terpantau Secara Real Time

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014, JBT merupakan komoditas yang disubsidi sehingga akuntabilitas dan penyalurannya harus dikontrol.

Penerapan Digitalisasi Nozel sendiri diatur dalam Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Nomor 06 Tahun 2013 tentang Penggunaan Teknologi Informasi dalam penyaluran BBM.

Tindak lanjut surat Menteri ESDM

Sebagai tidak lanjut surat Menteri ESDM, PT Pertamina dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menandatangani kerja sama program Digitalisasi Nozel, Jumat (31/8/2018) lalu.

Guna mengawasi penerapan Digitalisasi Nozel, Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa bersama VP Fuel Sales PT Pertamina, Manager Tim Digitalisasi, Dwi Ari Puja, beserta tim dan perwakilan PT Telkom Indonesia, Dwi Doso, mengecek empat SPBU di Jakarta.

Baca juga: Awasi BBM Subsidi, Nozzle di SPBU Akan Terkoneksi ke Kemenkeu dan BPH Migas

Keempatnya yakni SPBU 34- 129902 Jalan Gatot Subroto, Kuningan, SPBU 34- 12804 Jalan Prof Dr Soepomo Tebet, Jakarta Selatan, SPBU 34- 12503 Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan SPBU 34- 12507 Jalan Raya Cilandak KKO, Pasar Minggu.

Hasilnya, diketahui transaksi pembelian BBM dan Status Automatic Tank Gauge (ATG) sudah aktif dan terkoneksi dengan server SPBU.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X