Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Pupuk di Jabar dan Banten Aman hingga Tiga Bulan ke Depan

Kompas.com - 16/12/2019, 16:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kujang mengimbau para petani di wilayah Jawa Barat dan Banten tidak khawatir menghadapi musim tanam awal tahun 2020, karena stok pupuk yang tersedia cukup dan aman.

"Stok pupuk aman hingga tiga bulan ke depan," kata Kabag Hubungan Eksternal PT Pupuk Kujang, Indra Gunawan di Karawang, seperti dilansir dari Antaranews, Senin (16/12/2019).

Ia mengatakan PT Pupuk Kujang sebagai anak perusahaan BUMN, yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bertanggung jawab menyalurkan urea bersubsidi di wilayah Jabar-Banten memastikan ketersediaan pupuk bagi petani terpenuhi hingga tiga bulan ke depan.

Baca juga: Revitalisasi Pabrik Pupuk Jadi Cara Tekan Konsumsi Gas

Ia mengatakan untuk wilayah Jabar-Banten total stok pupuk urea bersubsidi pada 11 Desember 2019 yang tersedia di gudang lini II (pabrik) dan lini III (distributor) mencapai 235.000 ton, atau 349 persen dari ketentuan stok tiga minggu ke depan sebesar 67.000 ton.

Sedangkan stok Pupuk NPK Phonska sebanyak 55.000 ton atau 562 persen dari ketentuan stok tiga minggu ke depan sebesar 9.800 ton.

Sedangkan pupuk Petroganik sebanyak 12.000 ton atau 167 persen dari ketentuan stok tiga minggu ke depan sebesar 7.000 ton.

Menurut dia, dengan kepastian stok tersebut, para petani tidak perlu khawatir.

Baca juga: Perluas Pasar, Petrokimia Gresik Luncurkan Pupuk NPK Komersil

Bisa dipastikan bahwa seluruh penyaluran dan pengadaan pupuk bersubsidi akan berjalan dengan lancar dan baik sampai ke tangan petani.

Dengan demikian, ketersediaan pupuk tidak menghambat masa tanam di akhir tahun 2019 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com