Stok Pupuk di Jabar dan Banten Aman hingga Tiga Bulan ke Depan

Kompas.com - 16/12/2019, 16:22 WIB
Ilustrasi pupuk KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMANIlustrasi pupuk

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kujang mengimbau para petani di wilayah Jawa Barat dan Banten tidak khawatir menghadapi musim tanam awal tahun 2020, karena stok pupuk yang tersedia cukup dan aman.

"Stok pupuk aman hingga tiga bulan ke depan," kata Kabag Hubungan Eksternal PT Pupuk Kujang, Indra Gunawan di Karawang, seperti dilansir dari Antaranews, Senin (16/12/2019).

Ia mengatakan PT Pupuk Kujang sebagai anak perusahaan BUMN, yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bertanggung jawab menyalurkan urea bersubsidi di wilayah Jabar-Banten memastikan ketersediaan pupuk bagi petani terpenuhi hingga tiga bulan ke depan.

Baca juga: Revitalisasi Pabrik Pupuk Jadi Cara Tekan Konsumsi Gas

Ia mengatakan untuk wilayah Jabar-Banten total stok pupuk urea bersubsidi pada 11 Desember 2019 yang tersedia di gudang lini II (pabrik) dan lini III (distributor) mencapai 235.000 ton, atau 349 persen dari ketentuan stok tiga minggu ke depan sebesar 67.000 ton.

Sedangkan stok Pupuk NPK Phonska sebanyak 55.000 ton atau 562 persen dari ketentuan stok tiga minggu ke depan sebesar 9.800 ton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan pupuk Petroganik sebanyak 12.000 ton atau 167 persen dari ketentuan stok tiga minggu ke depan sebesar 7.000 ton.

Menurut dia, dengan kepastian stok tersebut, para petani tidak perlu khawatir.

Baca juga: Perluas Pasar, Petrokimia Gresik Luncurkan Pupuk NPK Komersil

Bisa dipastikan bahwa seluruh penyaluran dan pengadaan pupuk bersubsidi akan berjalan dengan lancar dan baik sampai ke tangan petani.

Dengan demikian, ketersediaan pupuk tidak menghambat masa tanam di akhir tahun 2019 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.