Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandiri Syariah Salurkan Pembiayaan Rp 1,5 Triliun ke Muhammadiyah

Kompas.com - 16/12/2019, 18:15 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Mandiri (BSM/Mandiri Syariah) menyediakan fasilitas pembiayaan senilai total Rp 1,5 triliun ke Muhammadiyah. Pembiayaan itu guna memperkuat kerja sama antar kedua belah pihak.

"InsyaAllah melalui penandatanganan MoU hari ini, kami akan menyediakan tambahan plafon pembiayaan sebesar Rp 500 miliar sehingga total plafon yang disediakan menjadi sebesar Rp 1,5 triliun," kata Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari dalam siaran pers, Senin (16/12/2019).

Dia menyampaikan, Mandiri Syariah sendiri telah bekerja sama dengan Muhammadiyah dalam pengembangan amal usaha. Hingga Oktober 2019, Mandiri syariah bekerja sama dalam pengembangan 80 amal usaha Muhammadiyah (AUM).

Baca juga: Mandiri Syariah Jadi Wali Amanat Penerbitan Sukuk PNM Rp 435 Miliar

Bila dirinci, pengembangan terdiri dari 39 AUM di Bidang Jasa Pendidikan, 40 AUM di Bidang Jasa Kesehatan, dan 1 AUM di sektor lainnya. Total portofolio AUM sebesar Rp 815,4 miliar.

Adapun, kerja sama tak hanya mencakup segi pembiayaan tapi juga layanan cash management (liquidity solution, receivable solution dan payable solution) maupun pemanfaatan produk dana, seperti tabungan mudharabah institusi, giro wadiah institusi, dan deposito. 

Begitu pun pemanfaatan produk pembiayaan untuk berbagai pengembangan AUM hingga penyediaan layanan Pembukaan loket Payment Point Online Bank (PPOB) pada setiap AUM.

"Sejalan dengan peningkatan layanan terutama electronic channel (Mandiri Syariah Mobile, Net Banking dan ATM), kami berharap kerja sama ini dapat mebawa kemudahan bagi semua pihak. Dan menjadi kontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia," tutup Toni.

Baca juga: Ini 6 Poin Penting Omnibus Law Perpajakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com