Sepanjang 2019, PT Timah Salurkan Pinjaman Bergulir Rp 11,4 Miliar

Kompas.com - 17/12/2019, 11:19 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - PT Timah Tbk kembali menyalurkan dana pinjaman bergulir program kemitraan semester II tahun 2019 sebesar Rp 4,94 miliar kepada 173 mitra binaan, di Graha Timah, Senin (16/12/2019).

Sepanjang 2019, PT Timah telah menggelontorkan dana pinjaman bergulir program kemitraan sebesar Rp 11,4 miliar bagi 370 mitra binaan perseroan di seluruh wilayah operasional.

Pada semester satu tahun 2019, PT Timah telah menyalurkan dana bantuan program kemitraan Rp 6,5 miliar bagi 197 mitra binaan.

Program kemitraan ini merupakan komiten PT Timah untuk memberdayakan masyarakat dalam menjalankan usahanya. Adapun sektor usaha yang menjadi bagian dalam program ini yakni, perdagangan, industri, jasa, perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan, dan koperasi.

Baca juga: OVO Luncurkan Produk Pembiayaan untuk UMKM

Kepala Bidang Program Kemitraan CSR, PT Timah Erwan Sudarto, mengatakan pada sambutannya penyaluran dana bergulir ini adalah agenda rutin setiap tahun. \

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada semester II 2019, ada 259 proposal yang mengajukan untuk mengikuti program ini dengan nilai sekitar Rp 20 miliar. Namun, berdasarkan hasil survei lapangan hanya 173 mitra yang memenuhi syarat.

Ia menyebutkan, mitra binaan PT Timah tidak hanya mendapatkan penyaluran bantuan dana. Melainkan juga pembinaan dan promosi produk dalam bentuk pameran dan bazar dan studi banding ke beberapa daerah.

"Pembinaan kita melakukan workshop, seminar, studi banding ke daerah luar lainnya untuk mengembangkan produk mereka. Setahun tiga kali kita ajak ke studi banding ke luar daerah untuk mengembangkan produk mereka," katanya.

Baca juga: Harapkan UMKM Naik Kelas, Pemerintah Lakukan 5 Hal Ini

Armanto salah satu mitra binaan PT Timah Tbk, mengatakan dirinya sangat terbantu dengan adanya dana bantuan program kemitraan untuk kelangsungan usahanya sebagai nelayan.

Nelayan asal Belinyu ini mengatakan, dirinya telah 6 tahun lalu menjadi mitra binaan PT Timah. Pertama, dirinya meminjam dana Rp 10 juta, lalu naik lagi menjadi Rp 20 juta dan pada hari ini dirinya mendapatkan bantuan dana bergulir sebesar Rp 50 juta.

"Dana pinjaman PT Timah ini kan bunganya murah dan meringankan. Biasanya ini saya gunakan untuk perbaiki mesin kapal, alat tangkap. Bunganya ringan sekali dan kita diberikan waktu 3 bulan baru mulai mencicil pembayaran dari setelah mendapatkan bantuan," katanya ditemui di sela penyerahan penyaluran dana program kemitraan.

Menurutnya, di daerahnya tidak hanya dirinya yang mendapatkan bantuan dana bergulir ini. Selain melalui program ini, kelompok nelayan di daerahnya pernah mendapatkan bantuan mesin kapal secara cuma-cuma dari PT Timah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.