Januari 2020, Pemerintah Naikkan Bansos Pangan Jadi Rp 150.000

Kompas.com - 17/12/2019, 14:41 WIB
Ilustrasi sembako. Foto memperlihatkan kondisi pedagang sembako di Pasar Induk Atrium Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. heru dahnur/kompas.comIlustrasi sembako. Foto memperlihatkan kondisi pedagang sembako di Pasar Induk Atrium Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menepati janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) apabila terpilih kembali pada masa kampanye Pemilu, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima voucher bantuan subsidi pangan dalam bentuk Kartu Sembako.

Kartu tersebut bakal mulai dibagikan pada awal Januari 2020.

Dalam rapat koordinasi di Kantor Kemenko PMK, Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara mengatakan, ada beberapa hal yang akan difokuskan sebelum penyaluran.

"Yang pertama, bulan Januari kita siap, Kemensos untuk menurunkan PKH (Program Keluarga Harapan) yang nilainya sekitar Rp 7 triliun dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp 2 triliun. Mudah-mudahan tidak ada halangan," katanya, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Baca juga: Ini Kata Menkeu dan Mensos Soal Maladministrasi Penyaluran PKH

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa bantuan subsidi pangan dalam bentuk non tunai tersebut ada penambahan Rp 40.000 oer KPM, yang sebelumnya Rp 110.000.

Tambahan 40.000 per KPM tersebut adalah berupa tambahan ikan, daging ayam, dan kacang-kacangan.

"Kemudian, disepakati kita akan tuangkan ke dalam yang lebih teknis, adanya peningkatan indeks BPNT dari Rp 110.000 menjadi Rp 150.000 per keluarga penerima manfaat per bulan," katanya.

Dalam penyaluran BPNT ini, pemerintah akan menerbitkan dalam bentuk peraturan menteri sebagai payung hukum serta menghindari distribusi sasaran KPM yang tidak tepat.

"Nanti kami akan buatkan peraturan menterinya," ujar Juliari.

Baca juga: Mensos: 93,2 Persen Penerima PKH Puas

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan, Kartu BPNT yang jumlahnya bertambah ini tidak diubah dalam bentuk kartu baru. Hanya jumlah kartu KPM-nya mulai ditambahkan sebanyak Rp 40.000.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X