Kompas.com - 17/12/2019, 18:44 WIB
Peluncuran Bizhare 2.0 KOMPAS.Com/RINA AYU LARASATIPeluncuran Bizhare 2.0

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintech equity crowdfunding, Bizhare baru saja mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan pada awal November 2019.

Chief Executive Officer Bizhare Heinrich Vicent menyampaikan beberapa rencana bisnis ke depannya.

"Kalau kami targetnya bukan lebih ke angka, tapi bagaimana growth business-nya itu sendiri. Kami sudah ada dana sekitar Rp 40 miliar yang dalam proses, ke depannya kita pasti akan meningkat 5 sampai 10 kali lipat lah targetnya," ucapnya saat ditemui di Menara Digitaraya, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Saat ini Bizhare sudah mendanai sebanyak 23 bisnis dengan mayoritas berada di lini bisnis makanan, jasa, retail dan agrikultur.

Equity crowdfunding sendiri adalah penyelenggara layanan urun modal melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi.

Layanan fintech equity crowdfunding membuat investor tidak hanya dapat membeli saham dari perusahaan-perusahaan besar yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Nantinya, investor juga bisa membeli kepemilikan saham usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Mengenai pendanaan Bizhare sendiri, ke depannya mereka akan mencari pendanaan pre-series A.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mungkin kita akan ada rencana untuk preseries A, kira-kira di pertengahan tahun depan," kata Heinrich.

Heinrich menambahkan, ke depannya mereka akan memperbanyak lini bisnis lainnya yang bisa didanai, salah satunya properti.

"Untuk properti sendiri, banyak dari kita yang investasi di Bizhare ini rata-rata properti bisnisnya masih sewa, jadi properti itu nggak harus kos-kosan, bisa saja restoran terus punya properti sendiri," ujarnya.

Ia melanjutkan, memiliki properti ada keuntungannya, seperti bila suatu saat bisnis tersebut menurun dan merugi, maka bila memiliki aset properti bisa dijual. Sehingga para investor tidak terlalu dirugikan.

Sebagai informasi, saat ini OJK baru memberikan izin kepada dua fintech equity crowdfunding di Indonesia. Ke depannya OJK akan memberikan izin ke fintech-fintech lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.