Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Investasi Jepang ke RI Diyakini Meningkat

Kompas.com - 17/12/2019, 19:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel optimis minat investasi Jepang ke Indonesia semakin kuat.

"Pelaku usaha Jepang mengharapkan kerjasama yang lebih erat dengan Indonesia. Mereka memberikan berbagai masukan yang perlu menjadi perhatian, agar potensi investasi yang besar dari Jepang bisa terealisasi untuk mendukung pertumbuhan dan penguatan struktur ekonomi kita,” kata Rachmat dalam keterangannya, Selasa (17/12/2019).

Berbagai masukan dari pelaku dunia usaha Jepang yang diterima dalam kunjungannya, menurut Rachmat, akan disampaikan ke pemerintah melalui mekanisme rapat kerja atau rapat dengar pendapat dengan lembaga dan kementerian.

Baca juga: Perusahaan Jepang Siap Bantu Indonesia Perkuat Ekspor

“Usulan dan masukan dari JETRO, JBIC dan Keidanren ini akan menjadi catatan delegasi dan segera disampaikan untuk menjadi masukan buat pemerintah,” katanya.

Jepang adalah investor terbesar kedua di Indonesia.

Dalam 10 tahun terakhir, investasi dari negara matahari terbit ini mencapai lebih 30 miliar dollar AS. Jepang juga tercatat sebagai kreditor terbesar dalam memberikan pinjaman untuk pembiayaan APBN.

Sementara itu, Ketua JETRO Nobuhiko Sasaki mengatakan, hubungan kedua negara yang sudah berjalan baik lebih dari 60 tahun, harus mengalami peningkatan dan perbaikan. 

Sasaki menyampaikan, poin utama hubungan ekonomi Indonesia-Jepang adalah bagaimana melakukan perbaikan dan peningkatan dalam bidang investasi, sumber daya manusia dan transfer teknologi, perbaikan infrastruktur serta competitiveness terutama daya saing pengembangan ekspor.

“Ada peluang lanjutan investasi Jepang di Indonesia, apalagi jika dibarengi dengan fasilitas atau insentif untuk kemudahan investasi,” kata Sasaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com