Ini Sektor Pekerjaan yang Dinilai Aman Saat Memasuki Era Digital

Kompas.com - 18/12/2019, 09:45 WIB
Ilustrasi Thinkstock/DavilesIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Era digital membuat perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dan teknologi finansial ( fintech) bakal berkembang pesat untuk tahun 2020 mendatang. Sementara, perusahaan di sektor jasa audit masih diyakini akan stabil.

"Auditor itu stabil karena profesi. E-commerce, fintech itu pasti karena memang ke arah sana (teknologi dan aplikasi)," ujar Audit dan Assurance Grant Thornton, Alexander Adrianto Tjahyadi, di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Pasalnya, e-commerce dan fintech dianggap menjadi kebutuhan masyarakat sekarang ini hingga tahun-tahun berikutnya. Apalagi, banyaknya promo serta kemudahan yang ditawarkan oleh sektor komersial dan pinjaman berbasis online.

Baca juga: Fintech di Indonesia Masih didominasi Peer to Peer Lending

Dalam kesempatan yang sama, Audit dan Assurance Grant Thornton, Ciwi Paino juga menjelaskan, penggunaan uang non tunai itu akan terus bertambah. Ditambah, banyaknya aplikasi belanja non tunai yang mulai hadir dan berkembang di Indonesia.

"Cashless itu tidak bisa dihindari karena teknologi itu sangat mendukung. Dan di satu sisi mengurangi uang cetak serta risiko kehilangan uang. Di sisi lain, mendorong konsumsi," katanya.

Meski transaksi pembayaran berbasis teknologi terus berkembang, hal itu tidak mengurangi jumlah pemakaian uang tunai. Sebab, di Indonesia sendiri tidak semua masyarakat dapat menerima pola perubahan tersebut.

"Kalau saya tergantung budaya orang menerima. Sama seperti pola orang bergeser ke penggunaan kartu kredit. Tapi, kalau kartu kredit kan risiko orang terjebak utang. Kalau cashless, tergantung (saldo) uangnya masih ada, ya bisa digunakan," ujarnya.

"Kita di Indonesia, ekonominya tidak merata. Kalau Jakarta, Surabaya pasti banyak menggunakan uang non tunai," lanjut Ciwi.

Namun, peran pemerintah kembali dibutuhkan. Untuk mensosialisasikan serta memberikan pemahaman akan teknologi yang berkembang. "Bagaimana pemerintah bisa mendidik masyarakat kita menghadapi perubahan itu," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X